Perlu Uji Forensik, Kebakaran Kejagung Korsleting Listrik atau Sabotase?

Nasir Djamil (Foto/net)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



JAKARTA, hajinews.id – Kebakaran hebat di Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung) memunculkan banyak pertanyaan dari berbagai kalangan. Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Nasir Djamil mengaku merasa aneh dengan peristiwa kebakaran yang menghanguskan bangunan enam lantai tersebut.

“Aneh memang kalau terbakar dan dalam waktu yang lama api baru bisa dipadamkan. karena itu, perlu dilakukan pengujian secara forensik terkait kebakaran itu. Apakah (kebakaran dipicu) karena korsleting listrik atau ada pihak yang lakukan sabotase,” kata Nasir Djamil dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL, Ahad (23/8/2020).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Politisi PKS itu menegaskan, penyelidikan terhadap Gedung Kejagung penting dilakukan karena belakangan ini muncul anggapan di publik soal kemungkinan adanya sabotase. “Bisa benar juga anggapan (sabotase) publik ini. Meskipun gedung itu merupakan bangunan lama,” tegas Nasir Djamil

Menurut Nasir Djamil meskipun belum dapat dipastikan dokumen apa saja yang terbakar dalam Gedung Kejagung, namun ia meminta agar aparat kepolisian melakukan uji forensik mengenai penyebab utama kebakaran tersebut.

Senada dengan Nasir Djamil, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid meminta aparat kepolisian untuk mengusut tuntas penyebab peristiwa kebakaran Gedung Kejagung   yang terjadi pada Sabtu malam (22/8).

“Aparat kepolisian segera mengungkap peristiwa tersebut agar tidak terjebak pada spekulasi dan berita hoaks,” kata Jazilul dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Ahad (23/8/2020), menanggapi peristiwa kebakaran Gedung Kejagung itu.

Menurut dia, berbagai spekulasi dan komentar terhadap kebakaran ramai di media sosial. Mereka menyampaikan pendapat dengan masing-masing dugaan, oleh karenanya diperlukan pengusutan dengan tuntas agar berbagai spekulasi tidak membias ke mana-mana mengingat itu memiliki berbagai catatan, arsip, dokumen, serta berkas perkara yang terkait dalam masalah penegakan hukum dan pemberantasan korupsi dalam skala besar dan penting. “Segera jelaskan ke publik penyebab kebakaran,” tegas Jazilul. (rah/berbagai sumber)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *