Tingkatan Zuhud

Tingkatan Zuhud
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Tingkatan Zuhud

Ibnu Qudamah berkata, “Di antara manusia ada orang yang zuhud terhadap dunia dan (padahal sebenarnya) dia tertarik dengan (kehidupan) dunia, tetapi dia berjihad (berjuang) melawan diri (hawa nafsu) nya untuk tidak tertarik terhadap dunia. Ini dinamakan mutazahhid dan merupakan permulaan (tingkatan pertama derajat pertama prinsip (permulaan) zuhud.

Kedua, berzuhud terhadap dunia atas kemauannya sendiri, tidak membebani dirinya atas hal itu, tetapi dia melihat zuhudnya dan menoleh kepadanya lalu nyaris takjub kepada dirinya dan dia melihat bahwa dia telah meninggalkan sesuatu baginya sesuai dengan ukuran yang lebih besar ukurannya darinya sebagaimana dia meninggalkan dirham untuk mengambil dua dirham, dan ini juga pengurangan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ketiga, tingkatan paling tinggi, zuhud terhadap keinginan sendiri, berzuhud di dalam zuhudnya, dimana seseorang tidak memandang bahwa dia telah meninggalkan sesuatu, sebab dia tahu bahwa dunia bukanlah sesuatu. Maka dia bagaikan orang yang meninggalkan tembikar (porselin) dan mengambil permata lalu dia tidak memandang hal itu sebagai pengganti, karena dunia dibandingkan dengan kenikmatan akhirat lebih rendah dari tembikar dibanding permata, maka inilah kesempurnaan di dalam zuhud.

Syetan adalah anjing yang berada di pintu Allah yang menghalangi manusia untuk masuk meskipun pintu itu terbuka dan hijabnya (bentengnya) tinggi.

Sedangkan dunia itu bagaikan sesuap makanan yang lezat, maka barang siapa yang meninggalkannya untuk meraih kemuliaan kerajaan maka bagaimana dia berpaling kepadanya(dunia).

Kemudian sesungguhnya menisbatkannya, yang aku maksud adalah apa yang diserahkan kepada setiap seseorang darinya walaupun diberi umur seribu tahun dibandingkan dengan kenikmatan akhirat (surga) lebih sedikit dari sesuatu makanan yang lezat dibandingkan kekuasaan dunia.

Sebab yang fana tidak ada nisbat baginya kepada yang kekal dan abadi, bagaimana bisa padahal pendek dan kelezatan duniawi menimbulkan kesengsaraan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar