Waspada, Ada Potensi Tsunami di Jawa 20 Meter

awas tsunami di pantau jawa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id,-  Ada potensi tsunami setinggi 20 meter diungkapkan ahli dari ITB (Institut Teknologi Bandung) dari hasil riset yang dilakukan bareng kolaboratornya.

Seperti diberitakanjakbarnews.pikiran-rakyat.com (20/9/2020), beberapa lokasi di Pulau Jawa, kabarnya masuk dalam daftar yang berpotensi terjadi tsunami.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ungkapan hasil riset ahli ITB itu, diperkuat oleh riset dari Sri Widiyantoro. Dia adalah Guru Besar bidang Seismologi dari kampus yang sama.

Adapun wilayah yang masuk dalah daftar riset ITB dan Kolaboratornya berpotensi tsunami, di Pantai Selatan Jawa Barat dan Selatan Jawa Timur.

Untuk beberapa celah seismic, tidak ada gempa bumi yang teramati secara historis oleh para ahli.

Terkait dengan hasil riset Sri Widiyantoro, timnya menggunakan data GPS yang berasal dari 37 stasiun di Jawa Timur dan Jawa Tengah selama enam tahun terakhir.

Kesimpulannya menyebutkan bahwa area seismic gap tersebut mampu menjadi sumber gempa bumi di masa mendatang jika deformasi GPS yang diamati lebih kecil daripada laju gerak lempeng (defisit slip).

Adapula teori seismic gap yang memprediksi bahwa ukuran relatif dan frekuensi gempa bumi di suatu daerah tergantung pada ukuran dan frekuensi gempa bumi di daerah lain.

Misalnya, jika daerah yang mengalami banyak gempa kecil kemungkinan tinggi tak akan mengalami gempa besar.

Sementara wilayah yang tak pernah mengalami gempa bumi dalam jangka waktu lama, diprediksi akan mengalami gempa lebih besar.

Menurut Sri Widiyantoro, kemungkinan besar tsunami sangat besar terjadi dengan ketinggian maksimum 20.2 meter di dekat pulau-pulau kecil sebelah selatan Banten dan 11.7 meter di Jawa Timur.

Ia pun menambahkan bahwa hasil riset yang dilakukan oleh timnya diharapkan dapat membuat pihak-pihak tertentu menambah instrumen sistem peringatan dini Tsunami yang relatif masih jarang untuk area di selatan Pulau Jawa.

Tujuannya, yakni untuk melindungi penduduk di wilayah pesisir agar selamt dari bencana Tsunami. (dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar