Berita Mengejutkan dari The Jerusalem Post: Israel Bakal Jalin Diplomasi dengan Indonesia

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ada berita mengejutkan yang dilansir The Jerusalem Post. Isi beritanya, ada dua negara yang mungkin masuk dalam daftar dalam menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dalam beberapa pekan mendatang, yakni Oman dan Indonesia.

Sumber diplomatik melaporkan pemerintahan (AS) Donald Trump melanjutkan upayanya untuk membawa lebih banyak negara Arab dan Muslim ke dalam Perjanjian Abraham, di mana Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko telah menyetujui normalisasi hubungan dengan Israel.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan pada Sabtu (12/12) malam waktu setempat, setelah Bhutan setuju untuk menjalin hubungan dengan Israel di luar kerangka perjanjian, bahwa Israel “berhubungan dengan negara lain yang ingin bergabung dan menjalin hubungan dengan kami.”

Menteri Kerja Sama Regional Israel, Ofir Akunis mengonfirmasi kepada Radio Angkatan Darat pada Minggu pagi, Wakil Presiden AS Mike Pence akan mengunjungi Israel pada Januari 2021. Menurut Akunis, selama kunjungan Pence, orang nomor dua di negeri Paman Sam tersebut dapat mengumumkan bahwa negara lain akan menjalin hubungan dengan Israel.

Sumber tersebut mengidentifikasi, Oman dan Indonesia sebagai dua negara yang pembicaraannya telah maju dan dengan siapa normalisasi dapat diumumkan sebelum Presiden AS Donald Trump meninggalkan jabatannya pada 20 Januari 2021.

Pemerintah Israel dan Republik Indonesia (RI) tidak memiliki hubungan diplomatik formal, tetapi ada perdagangan dan pariwisata antara negeri Zionis tersebut dan Indonesia membeli senjata dari Israel pada 1970-an dan 1980-an, serta Tentara Nasional Indonesia telah berlatih di Israel. Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin pernah bertemu dengan Presiden Indonesia Soeharto di Jakarta pada 1993.

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *