Buah Kurma Kesukaan Rasulullah, Menyehatkan Jantung dan Pencernaan

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Buah kurma adalah kesukaan Rasulullah. Tak hanya enak dan manis, meski bentuknya kecil tapi jangan salah, buah ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Bagi anda yang memiliki masalah pencernaan kurma adalah pilihan terbaik. Tidak hanya itu saja, kurma juga sangat baik untuk jantung.

Di bulan Ramadhan Nabi Muhammad akan berbuka puasa dengan ruthob, kurma basah (setengah matang), dalam bilangan ganjil. Kurma juga Allah berikan kepada Maryam ketika baru melahirkan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Satu hadis menyebutkan, makan tujuh kurma di pagi hari, bisa menangkal racun dan sihir.

Dari Sa’d bin Abi Waqqash radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang setiap hari sarapan kurma ajwah tujuh butir, maka di racun maupun sihir tidak akan memberikan pengaruh baginya di hari itu.” (HR. Bukhari 5130 & Muslim 5460).

Selain enak kurma juga banyak khasiatnya, inilah manfaat buah kurma yang perlu diketahu:

1. Mengobati gangguan usus

Kandungan nikotin dalam kurma bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Dengan mengonsumsinya setiap hari dalam takaran yang tepat akan menghambat pertumbuhan organisme patologis.
Hal ini akan membantu merangsang pertumbuhan bakteri ramah di usus. Kurma mengandung serat larut dan tidak larut serta asam amino yang dapat membantu pencernaan.

2. Meredakan Sembelit

Di sisi lain, kurma dianggap sebagai makanan pencahar. Hal ini dikarenakan buah tersebut memiliki tingkat serat larut yang tinggi yang berperan penting dalam pergerakan usus yang sehat.
Dengan demikian, mengonsumsi buah ini dapat mencegah sembelit. Salah satu tipsnya yaitu rendam kurma dalam air semalaman (infuse water) dan konsumsilah keesokan paginya untuk mendapatkan hasil yang paling optimal.

3. Mengobati Diare

Kurma yang matang mengandung potasium, yang efektif mengendalikan diare. Hal ini dikarenakan mudah dicerna dan juga bisa menyembuhkan diare kronis. Buah yang kaya serat larut di dalamnya yang bisa membantu meringankan dari diare.

4 Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma buah kering akan menyehatkan jantung. Buah ini merupakan sumber potasium yang sangat baik sehingga dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit terkait jantung.

5. Mengobati Anemia

Kurma memiliki banyak zat besi sehingga menjadikannya suplemen makanan yang sempurna untuk orang yang menderita anemia. Kandungan zat besi yang tinggi pada kurma akan mengatasi kekurangan zat besi apabila mengalami anemia.

Kurma juga bisa meningkatkan energi dan kekuatan.

6. Menjaga Sistem Saraf

Kandungan vitamin dalam kurma baik untuk menjaga sistem saraf yang baik. Kalium menjadi salah satu bahan utama untuk meningkatkan sistem saraf yang sehat dan responsif. Selain itu, juga membuat otak sehat, sehingga sangat bagus untuk orang yang ingin menjaga pikirannya tetap fokus. Para penghafal Al-Qur’an biasanya akan makan kurma dan kismis untuk meningkatkan daya ingat.

Itulah beberapa khasiat kurma yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dewasa ini tidak sulit untuk mendapatkan kurma dengan berbagai jenis. Dari mulai kurma basah, dan kering. Kurma segar dan lain-lain. Kita bisa dengan mudah mendapatkannya di market place atau belanja online. Semoga bermanfaat. *Ingeu-dsb

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *