Hikmah Siang : Menjadi Manusia yang Tidak Merugi di Akhirat

q4 golongan hamba yang doanya mustajab
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Sebagian orang mengira, bahwa ketika diberi kenikmatan kekayaan yang berlimpah, dia telah beruntung dan terhindar dari kerugian. Anggapan seperti ini tidak benar. Karena semua manusia itu merugi , kecuali yang memiliki empat sifat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan saling menasehati supaya menaati kebenaran dan saling menasehati supaya menetapi kesabaran. (QS Al-Ashr: 1-3).

Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di rahimahullah berkata: Allah Subhanahu wa Ta’ala bersumpah dengan menggunakan waktu yaitu malam dan siang , yang merupakan saat amal perbuatan seluruh hamba dilakukan, bahwa semua manusia itu merugi, tidak beruntung. Kerugian itu bertingkat-tingkat, ada rugi total, seperti orang yang rugi dunia dan akhirat, tidak masuk surga justru masuk neraka jahim; ada yang rugi dari satu sisi, tapi tidak dari sisi yang lain.

Oleh karena itu Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan bahwa kerugian itu menimpa semua orang, kecuali orang-orang yang memiliki empat sifat :

1. Beriman terhadap perkara yang diperintahkan oleh Allah Azza wa Jalla supaya diimani. Dan iman itu tidak akan ada kalau tidak ada ilmu. Jadi ilmu merupakan bagian dari iman. Iman tidak akan sempurna kecuali dengan ilmu.

2. Beramal saleh. Ini mencakup seluruh perbuatan baik, yang lahir maupun yang batin, yang berkaitan dengan hak Allah maupun hak para hambaNya, yang wajib maupun yang sunah.

3. Nasehat menasehati dengan al-haq. Al-haq adalah iman dan amal saleh. Maksudnya mereka saling menasehati, saling menganjurkan serta saling memberikan motivasi untuk melaksanakannya.

4. Nasehat menasehati supaya tetap sabar dalam melaksanakan perbuatan taat, sabar dalam meninggalkan perbuatan maksiat dan sabar menerima takdir Allah yang pedih.

ketika seorang muslim dan mukmin berhasil menyempurnakan empat sifat di atas, berarti telah selamat dari kerugian dan meraih keberuntungan yang besar.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *