Hikmah Siang : Ciri Orang yang Dapat Hidayah dari Allah

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Manusia yang kembali ke jalan Allah dan hijrah menuju jalan kebenaran yakni disebut mendapat Hidayah. Hida yah menjadi salah satu petunjuk Allah yang diberikan kepada hambanya sehingga menerima kebenaran dalam hatinya.

Dalam surah Al-An’aam ayat 125 Allah SWT berfirman:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam..”

Hidayah menjadi salah satu petunjuk Allah yang diberikan kepada hambanya sehingga terbuka menerima Islam.

Maka Allah berfirman:

“Maka, apakah orang-orang yang dibukakan Allah hatinya untuk (menerima) agama Islam lalu ia mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang membatu hatinya)? Maka, kecelakaan yang besarlah bagi mereka yang telah membatu hatinya untuk mengingat Allah, Mereka itu dalam kesesatan yang nyata.” (az-Zumar: 22).

Hidayah tidak dapat dibeli, tapi ini adalah nikmat Allah yang hanya dianugerahkan kepada hamba-Nya yang dikehendaki-Nya. Seperti firman Allah SWT berikut ini:

“Sesungguhnya, kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.” (al-Qashash: 56)

Menurut Ustaz Abdul Somad ada 6 sifat orang yang mendapat hidayah dari Allah SWT dilansir melalui tayangan YouTube TAMAN SURGA.NET di antaranya sebagai berikut:

1. Memakmurkan masjid

Pengertian memakmurkan masjid di sini yakni yakni bangun, ramaikan, atur dan tertib administrasinya.

2. Akidahnya benar (Beriman kepada Allah)

Kenapa didulukan bangun masjid baru beriman kepada Allah? Karena ternyata ada orang yang bangun masjid tapi tidak beriman kepada Allah. Yakni membangun masjid dengan tujuan lain misalnya hanya pada musim kampanye. Maka ciri orang yang mendapat hidayah yakni tidak rusak tauhidnya kepada Allah.

3. Istiqomah Sholat

Sholat itu tiang agama. Kenapa atap masjid kita kokoh? karena ada tiang. Puasa melayang, zakat terbang, haji hilang karena tak ada tiang.Tiang dari segala amal adalah sholat dan sholat waktunya tidak boleh digeser.

4. Berzakat

Orang yang sudah sholat tapi tak berzakat tak ada gunanya, karena ia makan haram. Hal ini lantaran di dalam harta dan uang yang diterima oleh manusia ada hak manusia lainyang dititipkan oleh Allah. Oleh sebab itu keluarkanlah zakat pendapatan sebesar 2,5 % setara dengan 85 gram emas murni atau 42.500.000.

5. Tidak lagi memikirkan dunia

Dunia ini akan berakhir. Manusia diibaratkan bunga yakni kuntum, mekar, harum, wangi, layu dan mati.

6. Takut hanya pada Allah

Takutnya sudah hilang, karena takutnya sudah habis hanya pada Allah.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *