Kepercayaan Masyarakat terhadap PDIP dan Gerindra Merosot

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Berdasarkan hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) menyebutkan kepercayaan terhadap PDIP dan Gerindra menurun. Ini disebabkan ditangkapkanya eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan eks Menteri Sosial Juliari Peter Batubara.

Diketahui, Edhy Prabowo terjerat korupsi izin ekspor benih lobster merupakan kader Gerindra, sementara Juliari yang merupakan kader PDIP diduga terlibat korupsi dana bantuan sosial (Bansos).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Dari kasus OTT KPK terhadap kader di tingkatan menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf ada dampak signifikan terhadap tingkat pilihan masyarakat untuk PDIP dan Gerindra. Persepsi masyarakat terhadap tingkat kekorupan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf juga negatif,” ujar Direktur LKPI, Arifin Nurcahyo, dalam keterangannya, Minggu (3/1/2021).

Sebagai catatan, total responden yang masih mendukung PDIP berada di kisaran 17,8 persen, atau hanya unggul tipis dari Golkar yang naik ke urutan 2 dengan 15,2 persen.

Adapun Gerindra hanya diasumsikan menang oleh 6,6 persen responden. Selain PDIP dan Golkar mereka juga tertinggal dari Demokrat (10,8 persen), PKB (8,8 persen), Nasdem (8,1 persen) dan PKS (6,9 persen).

Gerindra hanya mengungguli PSI (4,2 persen), PAN (3,1 persen), PPP (2,9 persen) dan Hanura (1,6 persen).

“Jika Pemilu digelar hari ini Golkar, Demokrat, PKB, Nasdem, PKS dan PSI menjadi tempat pelarian pilihan masyarakat yang sebelumnya memilih PDIP dan Gerindra,” imbuh Arifin.

Survei dilakukan LKPI terhadap 1.225 responden yang tersebar proporsional di 34 provinsi dengan metode mix-mode. Pengambilan sampel dilakukan lewat sambungan telepon untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19.

“Margin of error survei sebesar kurang lebih 2,8 persen dan tingkat kepercayaan survei mencapai 95 persen,” tukas Arifin.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *