Kasus Covid Meningkat, Sistem Kesehatan Terancam Lumpuh

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Kasus harian Covid-19 yang terus meningkat bahkan menembus 10.000 pasien per hari. Sangat mengkhawatirkan. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan.

“Mengapa saya katakan berat? karena penambahan kasus harian Ini berimbas negatif pada efektivitas penanganan Covid-19 di negara kita. Sebagai contoh, penambahan kasus positif harian berimbas pada meningkatnya keterisian tempat tidur di rumah sakit dan bertambahnya beban para petugas kesehatan. Hal ini secara langsung dapat berdampak negatif pada keseluruhan usaha penanganan atau treatment di rumah sakit tersebut,” ujar Wiku dalam konferensi pers, Selasa (12/1/2020).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurutnya, bila kasus positif meningkat dan menyebabkan kasus rumah sakit penuh maka sangat berpotensi menaikkan angka kematian akibat Covid-19.

“Sistem kesehatan kita akan lumpuh. Apabila sistem kesehatan kita lumpuh, hal ini tidak hanya merugikan penderita Covid-19 semata, namun juga masyarakat umum yang membutuhkan perawatan akibat penyakit lain selain Covid-19, utamanya mereka yang membutuhkan pelayanan kesehatan esensial seperti penderita penyakit paru dan jantung,” ujarnya.

“Apabila rumah sakit di Indonesia semakin meningkat keterisiannya, maka penanganan penyakit penyakit tersebut juga dapat menurun sehingga angka kematian di Indonesia bisa meningkat bukan semata-mata karena Covid-19 namun juga karena penyakit-penyakit lain yang tak dapat ditangani akibat penuhnya rumah sakit,” ujarnya.

Sebagai informasi, kasus kematian akibat virus corona kembali mencetak rekor tertinggi, di tengah kondisi rumah sakit yang semakin penuh dan kurangnya tenaga kesehatan.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Selasa (12/1/2021) hingga pukul 12.00 WIB, kasus meninggal akibat Covid-19 bertambah 302 orang dan memecahkan rekor kasus kematian harian tertinggi. Dengan pertambahan ini maka total kasus meninggal menembus 24.645 orang.

Pada hari ini, kasus positif Covid-19 bertambah 10.047 pasien. Dengan begitu, total kasus konfirmasi positif Covid-19 menembus 846.765 orang.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *