BNPB : Rumah yang Rusak Akibat Banjir Kalsel Dapat Bantuan Rp 10 Juta-50 Juta

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – BNPB memberikan bantuan uang senilai Rp 10 juta hingga 50 juta rupiah bagi warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat banjir di Kalimantan Selatan.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan besaran dana stimulan yang akan diberikan ke warga berbeda-beda, tergantung dari tingkat kerusakan rumah. Rumah dengan kerusakan berat mendapatkan Rp 50 juta, rumah rusak sedang Rp 25 juta, dan rumah rusak ringan Rp 10 juta.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Kami sesuai arahan dari Bapak Presiden akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami kerusakan rumah, baik itu rusak berat, rusak sedang maupun rusak ringan,” jelas Doni dalam keterangan resmi BNPB, Senin (18/1).

Doni pun meminta masing-masing pemda untuk segera mendata rumah warga yang rusak. Sehingga pemberian dana stimulan dapat segera dilakukan dan warga bisa segera bangkit.

Selain itu, Doni Monardo menginstruksikan dibentuknya satgas yang dipimpin gubernur untuk mempersiapkan upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana. Hal tersebut perlu segera dilakukan bersama seluruh komponen pusat yang ada di daerah dan unsur terkait, dengan melibatkan TNI/Polri, BPBD dan dinas-dinas di daerah.

“Sehingga pada saat proses pendataan bisa akurat by name by address dan setelah itu kita mungkin sudah bisa memulai untuk program rehabilitasi dan rekonstruksi,” tutup Doni.

Berdasarkan laporan BNPB, banjir Kalsel kini semakin meluas. Per Minggu (17/), sudah 10 kabupaten/kota yang terendam banjir. Sebanyak 24.379 rumah terdampak. Sementara korban meninggal sebanyak 15 jiwa dan 39.549 warga mengungsi.

 

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *