Korupsi Bansos, Ada Empat Nama Baru Sebagai Tersangka

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – KPK telah menetapkan Juliari bersama empat orang lainnya sebagai tersangka, yaitu dua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Kemensos Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono (AW) serta dari pihak swasta Ardian IM (AIM) dan Harry Sidabuke.

KPK menduga Mensos menerima suap senilai Rp17 miliar dari “fee” pengadaan bantuan sosial sembako untuk masyarakat terdampak COVID-19 di Jabodetabek.
KPK telah memeriksa Pejabat Pembuat Komitmen di Kemenseos Adi Wajyono sebagai saksi untuk Jualiari dan kawan-kawan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Adi Wahyono dalam kasus ini juga berstatus sebagai tersangka.

“Adi Wahyono, PPK pada proyek bansos Tahun Anggaran 2020, masih terus didalami terkait dengan jabatan saksi selaku PPK serta adanya dugaan arah khusus dari tersangka JPB dalam pengadaan bansos untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020 di Kemensos,” kata Plt juru bicara KPK Ali Fikri.

Manajer PT Pertani Muslih dan Ivo Wongkaren juga diperiksa KPK sebagai saksi dari unsur swasta.

Muslih diketahui menjadi saksi atas keterangannya terkait adanya kerja sama dalam proyek bansos untuk Jabodetabek.

“Serta digali juga mengenai besaran nilai anggaran proyek yang didapat dari kerja sama tersebut dan berapa nilai anggaran yang dibayarkan ke oleh Pertani ke PT Mandala Hamonangan Sude dalam pengadaan ini,” ungkapnya.

Untuk Ivo Wongkaren sendiri masih didalami penyidik terkait bagaimana dia mendapatkan proyek distribusi bansos tersebut.

Tekni pembayaran atas kerja sama itu juga sedang diinvestigasi lebih lanjut oleh KPK.

Dilansir dari laman Kompas.com sebelumnya, Juliari Batubara diketahui menjadi tersangka dalam kasus korupsi penyediaan bantuan sosial di Jabodetabek.

Juliari diketahui menerima uang sebesar Rp 17 miliar yang digunakan untuk keperluan pribadinya.

Uang tersebut didapatkan dari fee setiap paket bansos yang disetorkan ke rekanan Kementerian Sosial sebesar Rp 10.000 per paketnya yang bernilai Rp 300.000.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *