Hikmah Malam : 3 Non Muslim yang Berjasa Pada Nabi

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Dalam masa berdakwah Nabi Muhammad menghadapi berbagai tantangan dan rintangan. Selain pertentangan oleh orang-orang kafir yang menyakitinya secara lahir batin, juga tantangan wafatnya orang-orang dekat nabi.

Namun demikian, ada dari sebagian non Muslim yang turut serta membantu nabi saat berdakwah. Mereka meski tidak beriman namun mau membantu nabi dalam berdakwah. Berikut adalah 3 orang non muslim yang berjasa dalam dakwah Nabi Muhammad yang dilansir dari akurat.co.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. seorang Rahib bernam Waraqah. 

Saat nabi gundah dan gelisah setelah mendapatkan bisikan dari Malaikat Jibril, wahyu pertama, nabi masih belum yakin. Apakah itu benar dari Malaikat atau dari setan.

Nabi kemudian menghadapi Waraqah bersama Siti Khadijah. Waraqah non muslim itu mengatakan bahwa apa yang dialami nabi benar merupakan wahyu, bukan bisikan setan. Sejak saat itu nabi lega.

2. Abu Thalib.

Beliau adalah orang yang meskipun tidak masuk Islam namun menjamin keamanan nabi dari tindakan tidak baik kafir Quraisy. Sebagai pemimpin suatu Qabilah membuatnya berani pasang badan untuk melindungi nabi. Bahkan, paman nabi itu bersumpah akan terus menemani dan mendukungnya dalam upaya berdakwah, hingga akhir hayatnya. Sampai wafat, Abu Thalib pun tidak masuk Islam.

3. Muhkairiq.

Ia adalah orang Yahudi yang sangat kaya. Hartanya melimpah rua. Beliau meski bukan Muslim namun berani membantu nabi. Bahkan, ia ikut dalam perang Badar. Mukhairiq juga berwasiat agar jika ia wafat dalam peperangan agar hartanya diberikan pada nabi untuk berdakwah. Subhanallah. seorang non Muslim yang amag berjasa kepada perjuangan dakwah nabi. Mukhairiq kemudian meninggal dalam peperangan itu. Dan nabi mengatakan, “Dia adalah Yahudi yang baik.”

Itulah 3 orang non Muslim yang Berjasa kepada nabi. Mereka patut diapresiasi karena telah membantu perjuangan nabi dalam menyebarkan agama Islam. Semoga memberi inspirasi bagi kita semua. (Akurat/sitha).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *