Hikmah Siang : 7 Amalan Ibu Hamil menurut Ajaran Islam

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Setiap orangtua tentu ingin memiliki anak yang saleh dan salehah. Untuk mewujudkannya, setiap orangtua akan berusaha membentuk karakter anak sejak dini, bahkan sejak dalam kandungan.

Lantas, amalan apa saja yang dianjurkan untuk dilakukan ibu hamil? Berikut tujuh amalan menurut ajaran Islam untuk ibu hamil yang dilansir Popmama.com.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

1. Memperbanyak baca Al-fatihah

Surat pertama dalam Al-Quran ini memang dikenal mampu melindungi setiap orang dari bahaya. Oleh karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk membaca Al-Fatihah selama kehamilan agar janin selalu dalam lindungan-Nya. Ibu hamil membaca Al-Fatihah sebanyak tujuh kali selepas salat wajib atau salat sunnah.

2. Rutin membaca Al-Quran

Apabila anda ingin mendapatkan anak yang saleh dan salehah, maka perbanyaklah membaca Al-Quran. Melantunkan ayat suci Al-Quran juga bisa membuat hati tenang dan damai selama kehamilan. Ayat Al-Quran yang dianjurkan untuk dibaca selama kehamilan adalah ayat kursi. Ayat yang diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab ini dipercaya sebagai ayat paling mulia di dalam Al-Quran karena berisi tentang keesaan Allah.

3. Tidak meninggalkan salat wajib

Salat adalah ibadah wajib bagi setiap muslim. Apabila ands selalu melaksanakan salat wajib, maka secara tidak langsung anda akan mengajarkan si Kecil dalam kandungan untuk senantiasa mendirikan salat.

“Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat. Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.” (QS. Ibrahim : 40)

4. Melaksanakan salat sunnah

Salat dapat dijadikan media perantara dengan Allah untuk berkomunikasi selama kehamilan. Sehingga, anda bisa merasa tenang dan damai selama kehamilan, tanpa merasa takut akan risiko negatif dari kehamilan.

5. Selalu beristighfar kepada Allah

Setiap manusia pasti melakukan kesalahan dan tak lepas dari dosa baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Oleh karena itu, anda sebaiknya membaca istighfar untuk memohon ampun atas segala dosa yang telah dilakukan. Pasalnya, Anda tidak pernah tahu dosa manakah yang bisa menghalangi untuk mendapatkan ridho-Nya.

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al-Baqarah : 222).

6. Melaksanakan puasa sunnah

Puasa sunnah yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah puasa senin dan kamis. Puasa sunnah ini bisa melatih si Kecil dalam kandungan untuk beribadah sekaligus membentuk karakternya menjadi anak yang saleh dan salehah

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747).

7. Menebar kebaikan, jauhi kegiatan mengundang dosa

Selama berbuat baik, maka kita secara tidak langsung akan mendapatkan timbal balik berupa kebaikan pula. Kebaikan yang bisa dilakukan selama kehamilan mulai dari memperbanyak senyum, membersihkan diri mama dari penyakit hati, hingga menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat adalah cara untuk berbuat baik terhadap diri sendiri dan janin dalam kandungan.

“Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al-Baqarah : 168).

Itulah amalan-amalan untuk ibu hamil yang bisa dilakukan selama kehamilan agar ibu hamil dan janin selalu dalam lindungan-Nya dan kehamilan berjalan dengan lancar hingga persalinan. Semoga bisa diamalkan

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar