Lakukan Amalan Ini Jika Ingin Menghapus Dosa Besar dan Kecil

Lakukan Amalan Ini Jika Ingin Menghapus Dosa Besar dan Kecil
foto : salat lima waktu
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



HajinewsDosa berarti melakukan sesuatu yang dilarang oleh syariat Islam. Hal tersebut mampu memberikan efek yang negatif bagi yang melakukannya dan juga untuk sekitarnya. Setiap dosa yang dilakukan pun, ada sanksi yang harus diterima, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Jasiyah ayat 15:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Barangsiapa mengerjakan kejahatan (dosa) maka itu akan menimpa dirinya sendiri, kemudian kepada Tuhanmu kamu dikembalikan.”

Dosa yang diperbuat oleh manusia di dunia bisa dosa yang kecil maupun dosa besar. Bisa saja dosa tersebut diperbuat secara sengaja maupun tidak disengaja. Namun, kita harus ingat bahwa Allah SWT adalah Al-‘Afuww yang artinya Maha Pengampun atau Maha Pemaaf. Bahkan dosa kita yang besar sekali pun bisa dimaafkan oleh-Nya.

Terkadang kesalahan yang kita perbuat di dunia dan sampai menyakiti orang lain terasa sulit sekali untuk bisa dimaafkan. Namun dengan Allah, jika kita bersungguh-sungguh taubat dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan itu, maka ampunan Allah SWT akan datang kepada kita.

Kita juga bisa mengerjakan beberapa amalan, yang mana amalan ini mampu untuk menghapuskan dosa besar maupun dosa kecil kita. Apa saja amalan-amalan tersebut?

Berbuat Kebaikan

Sebagaimana hadis riwayat Tirmidzi, Rasulullah saw bersabda:

Iringilah perbuatan dosa dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu akan menghapusnya.”

Ada banyak perbuatan baik yang bisa kita lakukan. Bahkan mengerjakan kebaikan-kebaikan yang sedehana pun tidaklah masalah. Misalnya saja menyingkirkan paku di jalan yang dapat melukai orang. Untuk bisa berbuat baik tidaklah sulit, karena selalu ada peluang maupun tempat bagi kita untuk melakukannya.

Salat Lima Waktu

Salat lima waktu adalah ibadah wajib yang harus kita lakukan sebagai seorang muslim. Ibadah ini jugalah yang mampu untuk menghilangkan dosa besar dan dosa kecil yang kita perbuat. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Muslim, Rasulullah saw bersabda:

Antara salat yang lima waktu, antara jumat yang satu dan jumat berikutnya, antara Ramadan yang satu dan Ramadan berikutnya, di antara amalan-amalan tersebut akan diampuni dosa-dosa selama seseorang menjauhi dosa-dosa besar.”

Berdzikir

Untuk menghilangkan dosa-dosa kita, maka berdzikirlah setiap waktu. Kita bisa berdzikir setelah menunaikan ibadah salat, saat sedang menunggu angkutan umum, maupun saat sedang dalam perjalanan. Hal ini pun telah dijelaskan dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah saw bersabda:

Barangsiapa yang berkata ‘subhanallah wa bihamdihi’ (Maha Suci Allah dan dengan segala pujian bagi-Nya) sebanyak 100 kali, maka akan dihapus dosa-dosanya sekali pun sebanyak buih lautan.”

Menjalankan Puasa Ramadan

Dalam Islam, bulan Ramadan adalah bulan yang mulia dan bulan penuh ampunan. Allah SWT telah memerintahkan setiap umat muslim untuk menjalankan puasa Ramadan ketika waktunya tiba. Karena ibadah ini juga mampu untuk menghilangkan dosa-dosa kita. Sebagaimana sabda Rasulullah saw dalam hadis riwayat Bukhari:

Barangsiapa yang puasa Ramadan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Menjalankan Salat Taubat

Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kita ketika kita menjalankan salat taubat. Namun, salat ini haruslah dijalankan dengan penuh keikhlasan dan ketulusan, serta berkomitmen untuk tidak melakukan dosa itu lagi. Seberapa besar dosa kita, lakukanlah salat taubat untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Melalui amalan-amalan inilah, jika kita menjalankan dengan setulus hati untuk mengharap rida dan ampunan Allah SWT, serta berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan lagi, maka Allah SWT akan bermurah hati memaafkan kita. Karena pintu maaf-Nya selalu terbuka kapan saja untuk kita.

Sumber: hidayatuna

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *