Siap Hoax! Diisukan Meninggal, Dahlan Iskan: Alhamdulillah

Dahlan Iskan (Foto: Merdeka.com)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews — Mantan menteri BUMN, Dahlan Iskan diberitakan meninggal dunia Selasa sore (16/2). Pesan berantai melalui grup whatsapp langsung menyebar ke seluruh Indonesia. Informasi hoax soal dikabarkan meninggal sebelumnya juga pernah dialami oleh beberapa tokoh Indonesia, termasuk yang saat ini beredar, Dahlan Iskan pun di-isukan meninggal.

Di grup whatsapp wartawan Riau ucapan belasungkawa bermunculan sejak kabar itu muncul sekitar pukul 17 30 menjelang maghrib di Surabaya. Seorang wartawan senior Jawa Pos mengirim capture yang menunjukkan ungkapan belasungkawa dari seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kempalan.com langsung mem-forward capture komentar berbagai whatsapp ke wa Dahlan Iskan. Beberapa menit kemudian Dahlan menjawab singkat, “Alhamdulillah”.

Sebagaimana laporan kempalan.com, media tersebut juga mem-forward capture kepada Sahidin, asisten pribadi keluarga Dahlan Iskan untuk mendapatkan konfirmasi.

“Siap, hoax” balas Sadikin.

Tangkapan layar Whatsapp hoax

Kabar ini tentu mengejutkan karena pagi harinya fotografer senior Jawa Pos, Yuyung Abdi, meninggal dunia karena Covid 19. Dahlan Iskan sendiri sempat dirawat dua minggu lebih karena Covid 19. Dahlan sudah pulih total dan sudah beraktifitas seperti sedia kala. Selain tetap menulis rutin di blog DisWay Dahlan juga mulai aktif mengunggah podcastnya yang sempat terhenti beberapa lama.

Edisi podcast reborn Dahlan Iskan diunggah sebelum Imlek dan rencananya menampilkan seorang pengusaha Tionghoa Royce Muljanto yang berkonflik dengan orang tuanya sendiri pemilik jaringan showroom mobil terbesar di Surabaya Liek Motor.

Ternyata sebelum Imlek Roy ditangkap dan ditahan polisi. Dahlan tetap melanjutkan podcast-nya tanpa kehadiran Roy dan menggantinya dengan manekin.

Berita hoax kematian Dahlan mengagetkan wartawan-wartawan senior di Jakarta. Zainal Bintang, wartawan senior langsung menelepon Teguh Santoso ketua umum JMSI (Jaringan Media Siber Indonesia) menanyakan kebenaran berita itu.

Teguh Santoso kemudian mencari konfirmasi ke beberapa wartawan senior di Surabaya dan memastikan berita itu hoax.

Menurut sumber lainnya, Sahidin mengaku sempat dihubungi beberapa rekan media yang menanyakan kebenaran kabar tersebut. Namun, dia menegaskan saat ini Dahlan Iskan dalam kondisi baik-baik saja.

“Sejak siang memang banyak rekan-rekan media konfirmasi itu (meninggal), saya jelasin itu hoaks,” katanya.

“Abah (Dahlan Iskan) sehat dan beraktivitas seperti biasanya,” ujarnya, dikutip dari radarmadiun.co.id, Selasa 16 Februari 2021.(dbs)

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *