Bukan Cuma Harga Mobil Tapi Rumah Juga Turun di Tengah Pandemi

(Ikustrasi ist)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews — Ada kabar baik di tengah masih lesunya ekonomi karena pandemi COVID-19. Menteri Keuangan Sri Mulyani menurunkan tarif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) mobil baru mulai Maret 2021.

Tak cuma harga mobil, berita baik lainnya yakni turunnya harga rumah. Berikut rangkumannya:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Aturan Penurunan PPnBM Mobil Baru Berlaku Maret 2021

Menteri Keuangan Sri Mulyani akhirnya mendukung aturan mengenai penurunan PPnBM mobil baru. Sebelumnya, bendahara negara ini menolak rencana tersebut.

Langkah ini dilakukan atas pertimbangan masih tingginya minat kelompok masyarakat kelas menengah untuk membeli mobil. Diskon pajak akan diberikan secara bertahap hingga Desember 2021.

Mulai dari diskon 100 persen di tiga bulan awal, kemudian diskon 50 persen di tiga bulan berikutnya, dan 25 persen dari tarif normal empat bulan terakhir.

Harga Rumah Juga Turun

Harga rumah dan properti lainnya juga menunjukkan tren penurunan. Tren tersebut bisa dilihat dari catatan Rumah.com Property Market Index pada kuartal IV 2020.

Country Manager Rumah.com, Marine Novita, menjelaskan tren penurunan harga itu terjadi akibat lesunya permintaan. Di tengah situasi tersebut, pasokan rumah dan produk properti lainnya justru meningkat.

“Data Rumah.com Indonesia Property Market Index Q1 2021 menunjukkan terjadinya penurunan harga properti, kenaikan suplai, dan turunnya permintaan secara nasional pada Q4 2020 kemarin. Indeks properti pada Q4 2020 memang tidak terlihat menggembirakan,” katanya melalui keterangan resmi, sebagaimana dilansir Ivoox, Selasa (16/2).(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar