Keren! 6 Hobi yang Bikin Panjang Umur

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta,hajinews.id – Hobi merupakan bagian penting yang membuat hidup terasa lebih menyenangkan. Beberapa hobi bahkan disebut bisa membuat umur lebih panjang. Mengapa demikian?

Karena hobi dapat membantu Anda mengatasi stres berkepanjangan. Dengan alur demikian peneliti menggangap hobi dapat membuat panjang umur.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Berikut ada beberapa hobi yang membuat panjang umur, menurut sains, mengutip Money Talk News.

1. Membaca

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Sussex, Inggris, menemukan bahwa membaca buku dan melarikan diri ke dunia lain dapat mengurangi tingkat stres hingga 68 persen. Untuk memberikan hasil terbaik, penelitian merekomendasikan Anda untuk membaca setidaknya selama 6 menit dalam sehari. Membaca disebut efektif dalam menangkan saraf. Saat membaca, para psikolog mengatakan, pikiran seseorang terkonsentrasi pada apa yang dibacanya. Cara ini dinilai dapat meredakan gangguan ketegangan di otot dan jantung.

2. Berkebun

Beberapa penelitian menunjukkan, aktivitas fisik seperti berkebun dikombinasikan dengan suasana hijau yang menenangkan dapat meningkatkan angka harapan hidup. Sebuah penelitian di Australia menemukan, risiko demensia pada orang lanjut usia menurun 36 persen dengan berkebun. Demensia menjadi masalah kesehatan utama pada orang lanjut usia. Selain itu, sebuah studi dari Harvard University juga menemukan bahwa wanita yang tinggal di tengah area kebun yang subur memiliki tingkat kematian yang rendah.

3. Memasak

Meracik masakan sendiri membuat seseorang cenderung lebih sehat. Para peneliti dari University of Washington mencatat, kebiasaan memasak di rumah membuat seseorang lebih patuh dan hati-hati dalam memilih makanan yang bernutrisi.

  4. Menjadi Sukarelawan

Salah satu cara terbaik untuk membuat diri tetap tersenyum adalah dengan membantu orang lain dengan tulus. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Health Psychology ini menemukan bahwa menjadi sukarelawan dapat memperpanjang angka harapan hidup.

5.Berjalan kaki

Aktivitas sederhana seperti berjalan kaki juga berdampak besar pada kesehatan. Mayo Clinic mencatat, orang yang gemar berjalan kaki mungkin bisa hidup 20 tahun lebih lama daripada orang yang malas bergerak. Para peneliti mencatat bahwa berjala cepat setidaknya 5 km per jam atau sekitar 100 langkah per menit dapat memperpanjang usia.

6.Memelihara hewan

Umumnya, seseorang akan memiliki ikatan yang kuat dengan hewan peliharaannya. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa seseorang dapat menikmati banyak manfaat dengan memiliki hewan peliharaan. Misalnya,  orang yang memiliki kucing memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat serangan jantung dan stroke.

Anda bisa memilih satu di antara hobi di atas demi meningkatkan kesehatan, yang pada gilirannya dapat memperpanjang angka harapan hidup.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *