Kini Dijadikan Lokasi Ziarah dan Ibadah, Ini Tempat yang Jadi Saksi Peristiwa Isra Miraj

Kini Dijadikan Lokasi Ziarah dan Ibadah, Ini Tempat yang Jadi Saksi Peristiwa Isra Miraj
foto: masjidil haram
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Perayaan Isra Miraj jadi momen yang bersejarah bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia. Isra Miraj yang jatuh setiap tanggal 27 Rajab di kalender hijriyah, tahun ini akan diperingati pada 11 Maret 2021. Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekah menuju Masjidil Aqsa di Jerusalem, serta perjalanan dari bumi menuju Sidratul Muntaha atau langit ketujuh.

Dalam perjalanan Nabi Muhammad SAW yang dilakukan selama satu malam yaitu isra miraj, ada beberapa tempat yang disinggahi yang kini menjadi destinasi ibadah dan ziarah umat Muslim dari berbagai penjuru dunia. Di mana saja tempat-tempat tersebut?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Masjidil Haram

tempat-peristiwa-isra-miraj

Terletak di Mekkah, Masjidil Haram menjadi masjid tertua dan pertama yang dibangun di bumi. Masjid ini merupakan tempat umat muslim melaksanakan ibadah salat, umrah, dan haji. Di Masjidil Haram, kamu dapat menjumpai Ka’bah, Hajar Aswad, serta air zam-zam yang sumurnya tak pernah mengering.

Dalam awal keberangkatan Nabi Muhammad, ada riwayat yang menceritakan bahwa dada Rasulullah dibersihkan oleh Malaikat Jibril dengan air zam-zam. Setelahnya, Nabi naik binatang bernama buraq yang membawanya menuju peristiwa Isra Miraj bersama Malaikat Jibril.

Madinah

tempat-peristiwa-isra-miraj

Selama perjalanan Isra, Nabi Muhammad beberapa kali singgah di berbagai tempat untuk melaksanakan salat, salah satunya di Taibah atau dikenal juga dengan nama Madinah. Di tempat ini pula, Malaikat Jibril menunjukkannya sebagai kota yang akan menjadi tujuan hijrah Nabi.

Di Madinah, terdapat Masjid Nabawi yang merupakan tempat suci kedua bagi umat muslim setelah Masjidil Haram. Madinah tidak hanya dijadikan tempat umat Muslim untuk melaksanakan umrah dan haji, tapi juga berziarah ke makan Rasulullah.

Bethlehem

tempat-peristiwa-isra-miraj

Nabi Muhammad selanjutnya diriwayatkan singgah di Bethlehem untuk melaksanakan salat selanjutnya. Dengan menaiki buraq dan ditemani oleh Malaikat Jibril, beliau mengunjungi tempat yang juga jadi lokasi Nabi Isa bin Maryam dilahirkan.

Sejarah mencatat, Bethlehem merupakan kota tua yang sudah dihuni manusia sejak 3.000 tahun sebelum Masehi. Kota ini menyuguhkan perbukitan yang membentang indah di sekelilingnya. Berada di wilayah Palestina, kota Bethlehem juga disebut sebagai simbol harmonisasi umat beragama.

Baitul Maqdis

tempat-peristiwa-isra-miraj

Perjalanan Nabi kemudian sampai di Baitul Maqdis, yang merupakan kawasan tempat berdirinya Masjid Al Aqsa. Masjidil ini merupakan kiblat pertama seluruh kaum muslim di dunia. Selain itu, tempat ini juga jadi saksi bisu diperintahkannya Nabi Muhammad untuk melaksanakan salat pertama yang ditunjukkan oleh Allah SWT.

Terletak di Yerusalem, Masjid Al Aqsa tidak hanya jadi tempat untuk beribadah saja, tapi di dekat lokasi tersebut ada juga museum yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke sana. Di Islamic Museum & Al Aqsa Library terdapat berbagai macam benda-benda peninggalan bersejarah seperti peninggalan dari peristiwa Perang Salib hingga kain penutup Kakbah.

Sumber: sociolla
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar