Hikmah Siang : Amalan dan Keutamaan Bulan Sya’ban

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Bulan Sya’ban adalah bulan ke-8 dalam kalender Hijriah. Artinya bulan ini menjadi bulan terakhir sebelum Ramadhan.Tahun ini, bila mengacu pada kalender Hijriah, 1 Sya’ban 1442 H jatuh pada hari ini Senin, 15 Maret 2021.

Sebagai muslim, penting sekali untuk mengenali amalan-amalan yang dianjurkan di bulan Sya’ban.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Rasulullah SAW menyatakan dalam sebuah hadits sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Dailami, Imam ‘Asakir, dan Al-Baihaqy berikut.

‎خَمْسُ لَيَالٍ لَا تُرَدُّ فِيْهِنَّ الدَّعْوَةُ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبَ وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ وَلَيْلَةُ الجُمْعَةِ وَلَيْلَتَيِ العِيْدَيْنِ

Artinya: “Ada 5 malam di mana doa tidak tertolak pada malam-malam tersebut, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya‘ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha.”

Dilansir dari portal jember berikut adalah amalan-amalan dan keutamaan yang ada di bulan Sya’ban.

1. Puasa Sya’ban

Karena jaraknya yang berdekatan dengan bulan Ramadhan, puasa Sya’ban bisa sekaligus sebagai “pemanasan” sebelum menjalankan puasa selama 30 hari di bulan Ramadhan. Berikut ini adalah niat puasa Sya’ban dan artinya.

Nawaitu shauma ghadin’an ada’i sunnati Sya’bana lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Sya’ban esok hari karena Allah SWT.”

2. Perbanyak Doa

Berdoa pada bulan Sya’ban khususnya pada malam Nisfu Sya’ban memiliki beberapa keistimewaan. Sesuai dengan hadis Rasulullah SAW yang telah disebutkan di atas, malam Nisfu Sya’ban adalah salah satu dari 5 malam di mana doa kita tidak akan ditolak oleh Allah SWT.

3. Perbanyak Zikir

Amalan lain yang bisa dilakukan selama bulan Sya’ban adalah memperbanyak zikir. Memperbanyak zikir di bulan Sya’ban tentu akan semakin melipatgandakan pahala kita.

4. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran adalah amalan selanjutnya yang dianjurkan untuk dilakukan pada bulan Sya’ban, khususnya pada malam Nisfu Sya’ban.

5. Salat Malam

Salat malam juga merupakan amalan yang bisa dilakukan pada malam Nisfu Sya’ban yang sayang untuk dilewatkan. Semakin banyak ibadah yang kita lakukan pada bulan Sya’ban, semakin banyak pula amal kita yang diangkat oleh Allah SWT.

Keutamaan Bulan Sya’ban
1. Segala amal manusia diangkat oleh Allah ke langit.
2. Waktu kiblat berpindah.
3. Sebagai pengingat bagi seluruh umat muslim bahwa sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan.
4. Dosa-dosa manusia diampuni oleh Allah SWT
5. Berpuasa di bulan Sya’ban sama dengan menjalankan syariat Rasulullah SAW.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *