Puasa adalah Hadiah Terindah Seorang Muslim untuk Allah SWT

Puasa adalah Hadiah Terindah Seorang Muslim untuk Allah SWT
ilustrasi: ramadan 2021
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Puasa merupakan hadiah terindah bagi Allah SWT dari seorang muslim yang taat atas perintah-Nya. Maka hadiah tersebut mestilah yang terbaik.

Allah SWT amat sayang pada setiap hamba yang taat menjalankan perintah-Nya, terutama perintah puasa pada setiap bulan suci Ramadan disetiap tahun.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Salah satu bukti kasih sayang Allah SWT terhadap hamba-Nya, Allah SWT ampuni setiap dosa dan kesalahan, serta dilipat gandakan setiap amalan hamba-Nya.

Dikutip dari berbagai sumber, tentang hadiah terindah bagi Allah SWT dari hamba-hamba-Nya. Hadiah itu adalah puasa yang dilakukan oleh seorang hamba.

Rasulullah SAW bersabda demikian, bahwa Allah SWT berfirman didalam hadits kudsi, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhari, berikut kutipan-nya.

يقول الله عز وجل : الصوم لي وأنا أجزي به ، يدع شهوته وأكله وشربه من أجلي ، والصوم جنة

Firman Allah yang maha mulia lagi maha gagah:

Puasa itu untukKu, dan Akulah yang akan membalasnya, kerana dia (hamba Allah) meninggalkan syahwatnya, dari makan dan minumnya keranaKu, Puasa itu adalah perisai”. (HR Bukhari no. 7492, dari Abu Hurairah. Ra)

Perisai adalah sebuah tameng atau penghalang seorang hamba dari siksa api neraka, sebagaimana didalam hadits kudsi dijelaskan, berikut kutipan-nya.

قال ربكم : الصوم جنة من النار ، ولي الصوم وأنا أجزي به يدع شهوته وطعامه وشرابه من أجلي لخلوف فم الصائم أطيب عند الله من ريح المسك

Allah berfirman, “Puasa adalah benteng dari siksa api neraka. Puasa itu untukKu dan Aku akan membalasnya sendiri lantaran dia (hamba) telah meninggalkan syahwat, dari makan dan minum keranaKu.

Sesungguhnya bau mulut orang berpuasa itu lebih harum dari bau kasturi di sisiKu”. (HR. Thabarani dan Baghawi sepertimana di sebutkan Syeikh Zakariya ‘Umairat dalam Ahadith Qudsiyah Sahihah hal. 62, sahih lighairih).

Karena puasa merupakan hadiah yang terindah bagi Allah SWT, maka Allah SWT akan membalasnya dengan kenikmatan surga. Berikut riwayatnya.

عن أبي أمامة قال : قلت : يا رسول الله دلني على عمل قال : عليك بالصوم فإنه لا عدل له

Artinya, Abu Umamah radhiallahu’anhu bertanya, Ya Rasulullah SAW tunjukanlah kepadaku satu amalan! Bersabda baginda,

“Puasalah, kerana tiada yang sebanding dengnnya”. (HR. Ahmad no. 22149 dan Nasaie no. 2223. Disahihkan oleh Syeikh al-Arnauth dan Syeikh al-Albani)

إن في الجنة بابا يقال له الريان ، يدخل منه الصائمون يوم القيامة ، لا يدخل منه أحد غيرهم ، يقال أين الصائمون ، فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم ، فإذا دخلوا أغلق ، فلن يدخل منه أحد .

Artinya, “Sesungguhnya dalam surga itu ada sebuah pintu bernama “ar-Rayyan” (pintu penghilang dahaga). Masuklah kelak orang yang berpuasa melaluinya, hanya mereka saja yang boleh memasukinya.

Maka akan diseru, di manakah semua orang yang berpuasa? Bila semua sudah masuk, maka pintu pun ditutup. (HR. Bukhari no. 1896, daripada Sahl bin Sa’id ra. Sahih ijma).

Mudah-mudahan kita semua dapat memberi hadiah terindah atas semua pengabdian kita kepada Allah SWT, dan Allah SWT ridha atas semua amalan kita, insyaallah

Sumber: mantrasukabumi

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *