Hikmah Siang : Obat penawar ghibah dari Rasulullah

Awas Ghibah (dok)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Manusia memang tak pernah luput dari salah dan dosa. Hal ini memang sebagian dari fitrah manusia sebagai tempatnya salah dan lupa. Demikian inilah yang menjadikan manusia mudah terpedaya godaan setan untuk berbuat dosa. Karena pada dasarnya manusia yang diciptakan dengan hawa nafsu, akan mudah dimanfaatkan oleh setan untuk menyesatkan manusia. Sebagai umat Agama Islam inilah kita diperintahkan oleh Allah SWT untuk senantiasa bertakwa kepada-Nya. Dengan menaati segala perintah-Nya juga menjauhi larangan-Nya. Dan apabila kita sudah terlanjur berbuat dosa, Allah SWT juga memberikan solusi atas hal ini. Agar kita senantiasa segera bertaubat karena sesungguhnya Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Pengampun. Selain bertaubat, kita juga bisa mencegah perbuatan dosa dengan melakukan beberapa ikhtiar. Salah satunya melakukan amalan yang menjadi obat penawar dari dosa.

Ghibah adalah salah satu dosa yang dimurkai oleh Allah SWT. Sehingga kita sebagai muslim harus berusaha untuk menjauhi dosa ini. Kita juga bisa mencegah ghibah dengan melakukan berbagai amalan sebagai ikhtiar kita untuk menghindari dosa ini. Obat penawar dari ghibah ini bersumber dari Rasulullah SAW. Sebagai bentuk kepedulian beliau kepada umatnya, beliau memberikan solusi atas problematika umat. Maka semestinya kita sebagai umatnya bisa mengamalkan obat penawar ghibah ini sebagai solusi agar kita terhindar dari dosa ini. Dengan demikian, selan kita mendapat sunah karena telah mengajarkan amalan dari Rasulullah. Kita juga akan terhindar dari dosa ghibah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Obat penawar ghibah

Syaikh Abu Sa’id Ash – Shafrawi seorang ulama’ besar dari Mesir bercerita bahwa beliau bermimpi bertemu Rasulullah. Dalam mimpinya, beliau bercerita mengenai wasiat dari Rasulullah. Rasulullah berkata pada Syaikh Abu Said mengenai ghibah. Bahwa ghibah itu dosa dan haram hukumnya. Lalu beliau Rasulullah memberikan amalan agar umatnya senantiasa tercegah dari dosa ini. Beliau menganjurkan membaca surat Al – Ikhlas, Al – Falaq, dan An – Nas. Hal ini bisa menjadi obat penawar dari dosa ghibah. Karena berdasarkan ucapan Rasulullah pahala dari membaca surat itu berimbang dengan dosa ghibah. Begitu ringan amalan untuk mengobati dosa ghibah ini. Maka seharusnya dapat dengan mudah selalu kita amalkan dalam keseharian kita. Kadang dalam keseharian kita sering kita jumpai perbuatan dosa ini dan kita sulit menghindarinya. Sehingga obat penawar ghibah ini dapat menjadi solusi untuk kita berada dalam situasi tersebut.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *