4 Amalan Yang Dapat Mengangkat Derajat Manusia, Di Antaranya Toleransi

4 Amalan Yang Dapat Mengangkat Derajat Manusia, Di Antaranya Toleransi
4 Amalan Yang Dapat Mengangkat Derajat Manusia. foto/ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Manusia sebagai makhluk hidup pastinya suka dipuja maupun dipuji, selain memberikan rasa bangga, juga terdapat kenikmatan tersendiri. Tetapi itu saja tidak cukup. Kita sebagai makhluk Allah tentunya perlu menyikapi hal tersebut dengan bijak. Berikut ini beberapa amalan yang mengangkat derajat manusia.

Berbudi luhur

Berbudi luhur merupakan hal yang bisa mengangkat derajat seorang manusia. Seperti berbuat baik kepada sesama, berbicara sopan ketika berbincang dengan orang yang lebih tua dan dapat dipercaya oleh banyak orang. Dengan menerapkan konsep berbudi luhur di kehidupan. Disaat berbaur dengan kehidupan bermasyarakat, kita sudah pasti diterima oleh mereka dengan tangan terbuka.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dermawan

Kita tidak perlu menunggu kaya untuk bisa membantu siapa saja, karena kita tidak tahu kapan kita akan di panggil oleh Allah SWT. Jika kita mempunyai harta yang dirasa lebih, tak ada salahnya untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan, selain pahala yang kita akan dapatkan, juga derajat kita diangkat oleh Sang Maha Pencipta. Jika kita melakukannya dilandasi rasa ikhlas dan niat karena Allah SWT. Apa yang kita berikan pastinya bernilai keberkahan yang tiada ternilai.

Rendah hati

Rendah hati merupakan salah sifat yang harus dimiliki setiap umat muslim. Karena dengan memiliki sikap tersebut, selain dapat menghargai sesama manusia. Juga mereka merasa bahwa apa yang telah ia raih atau capai merupakan sesuatu yang harus dibanggakan hingga membuatnya besar kepala. Tetapi lebih ke menjaga sikap agar tidak menyakiti kepada sesama makhluk. Allah SWT pun menjanjikan kepada siapa saja yang bersikap rendah hati dengan meninggikan derajat mereka. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah telah mewahyukan kepadaku untuk menyuruh kalian bersikap rendah hati, sehingga tidak ada seorangpun yang membanggakan dirinya dihadapan orang lain dan tidak seorangpun yang berbuat aniaya terhadap orang lain.” (HR. Muslim)

Toleransi

Toleransi merupakan sikap saling menghargai antar sesama manusia. Apapun mereka, baik dia memiliki keyakinan yang berbeda, berbahasa yang berbeda atau ras yang berbeda dari orang kebanyakan. Kita tidak berhak untuk jauh dan tidak berinteraksi dengannya. Manusia mempunyai hati, kita sebagai manusia yang memiliki empati untuk berinteraksi dengannya bahkan menolong tanpa memikirkan mereka dari mana asalnya.

Itulah tadi beberapa amalan yang dapat mengangkat derajat yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Sumber: muslima

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *