Kasus Covid-19 Melonjak, Muhammadiyah Minta Pemerintah Terapkan Kebijakan Tegas

Covid-19 Melonjak Muhammadiyah Minta Pemerintah Terapkan Kebijakan Tegas
Haedar Nashir
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mendorong pemerintah pusat dan daerah menerapkan kebijakan tegas serta progresif dalam menangani pandemi covid-19. Apalagi kasus covid-19 melonjak cukup signifikan usai Lebaran.

“Pemerintah secara khusus harus memastikan jaminan perlindungan para dokter, tenaga kesehatan, dan petugas di seluruh rumah sakit baik negeri maupun swasta yang sampai saat ini semakin berat bebannya dalam menangani pasien covid-19,” ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/6/2021).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pernyataan Haedar Nashir itu merespons mulai penuhnya rumah sakit rujukan covid-19 di sejumlah provinsi besar seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta.

Menurutnya, lonjakan kasus di lima provinsi besar di Pulau Jawa tersebut merupakan representasi dari peningkatan luar biasa penyebaran covid-19 di Tanah Air.

“Kondisi sangat memprihatinkan ini perlu perhatian super serius khususnya dari pemerintah pusat dan daerah maupun seluruh rakyat Indonesia. Pandemi ini nyata dan telah meluas di hampir seluruh negara,” kata dia.

Dia mengatakan penanganan covid-19 mengharuskan kerja simultan, terpadu, dan kesungguhan dari semua instansi atau institusi di pemerintahan serta seluruh komponen masyarakat agar semuanya tidak tertuju dan membebankan secara berlebihan kepada rumah sakit.

Pasalnya dokter dan tenaga kesehatan saat ini semakin kewalahan sebagai benteng terakhir melawan pandemi covid-19. Apabila jumlah dokter dan tenaga kesehatan mengalami pengurangan akan berdampak signifikan pada proses penanganan pasien.

“Penting ditambah dan diperluas sarana prasarana isolasi oleh pemerintah agar semakin mencukupi, mempermudah, dan mengintensifkan usaha penanganan covid-19,” katanya.

Sumber: inews

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *