Penting! 5 Cara Mudah Tingkatkan Kadar Oksigen saat Isolasi di Rumah

Ilustrasi. Personel Satgas Mobile COVID-19 memeriksa pasien Corona di ruang isolasi. (Foto: Antara)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

 

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

 

Jakarta, Hajinews.id – Kadar oksigen atau tingkat saturasi oksigen yang rendah dapat memicu sejumlah masalah kesehatan. Terlebih bagi pasien covid-19, kadar oksigen rendah dapat menganggu kemampuan organ dan jaringan tubuh.

Sejumlah gejala yang dialami pasien yang memiliki kadar oksigen darah rendah antara lain sesak napas, nyeri dada, keringat dingin, batuk-batuk, kebingungan, dan kulit membiru. Untuk menghindari hal tersebut, pasien dapat mengecek tingkat saturasi oksigen menggunakan analisa gas darah (AGD) dan alat pulse oxymeter.

Orang yang sehat biasanya memiliki jumlah kadar oksigen dalam darah mulai 95-100 persen. Sedangkan, orang dengan kadar oksigen darah yang rendah berada di bawah 95 persen sudah layak mencoba.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sejumlah cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah kekurangan oksigen dalam darah:

1. Membuka jendela dan menjaga sirkulasi udara

Membuka jendela akan membawa udara segar masuk dan memberikan suplai oksigen lebih baik bagi tubuh. Ini juga hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah untuk membantu meningkatkan saturasi oksigen.

Selain itu, membuka jendela atau menghirup udara segar di luar dapat membuat anda lebih berenergi dan meningkatkan suasana hati. Secara emosional, anda akan lebih bahagia dan membuat fisik lebih sehat.

2. Rutin berolahraga

Lakukan olahraga ringan setiap hari seperti berjalan kaki di sekitar rumah, yoga, atau sekadar latihan pernafasan dapat membantu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Menurut ahli rehabilitasi paru, latihan pernafasan sederhana bisa menjaga kadar oksigen di dalam darah.

Sementara itu, olahraga ringan seperti berjalan kaki dan yoga dapat membantu meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh. Lakukan kegiatan ini selama 30 menit sehari. Tak perlu berat, yang penting rutin.

3. Berhenti merokok

Berhenti merokok juga menjadi cara paling efektif meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Hanya dengan berhenti merokok, sirkulasi darah meningkat secara signifikan.

Banyak penelitian yang membuktikan setelah dua minggu tidak merokok, sirkulasi dan kadar oksigen mengalami peningkatan cukup tinggi. Riset menunjukkan fungsi paru bisa meningkat hingga 30 persen.

4. Memelihara tanaman hias

Memelihara tanaman hias terbukti mampu meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Tanaman hias bisa membantu memurnikan udara di dalam ruangan dengan menghilangkan karbondioksida.

Selain itu, tanaman hias juga mampu memproduksi oksigen. Dengan begitu, oksigen yang diserap ke dalam tubuh menjadi lebih banyak.

5. Konsumsi makanan kaya zat besi

Zat besi penting untuk pembentukan darah dan meningkatkan jumlah sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kamu bisa menemukan kandungan ini dalam daging merah dan sayuran hijau.

Kamu juga bisa mengonsumsi senyawa nitrat yang dapat memperlancar sirkulasi darah. Kandungan ini dapat ditemukan dalam buah bit, bawang putih, sayuran hijau, buah delima, kecambah, daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian. (dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *