Mentah atau Dimasak? Ini Cara yang Jitu Makan Bawang Putih Agar Ampuh Obati Penyakit

Ini Cara yang Jitu Makan Bawang Putih Agar Ampuh Obati Penyakit
Ini Cara yang Jitu Makan Bawang Putih Agar Ampuh Obati Penyakit. Foto/ilustrasi
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Makan bawang putih, banyak diklaim dan banyak penelitian yang menyebut berkhasiat banyak untuk kesehatan tubuh.

Bawang putih bisa mengobati mulai dari menghilangkan jerawat, batuk, pilek, hingga turunkan kolesterol tinggi dan jantung.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tapi, untuk mendapatkan khasiat yang sesungguhnya dari bawang putih dan harus benar-benar tahu bagaimana cara makan bawang putih.

Untuk diketahui, manfaat dari bawang putih adalah:

Menurunkan kolesterol

Bawang putih telah lama dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk mencegah kolesterol tinggi.

Sebuah penelitian terdahulu yang dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine melaporkan makan sekitar 10 gram bawang putih mentah (1-2 siung kecil) setiap hari berhasil menurunkan kolesterol cukup drastis dalam dua bulan.

Mengendalikan tekanan darah

Jika Anda termasuk orang yang berisiko atau sudah terdiagnosis hipertensi, menjaga pola makan adalah salah satu kunci agar tetap sehat.

Nah dari sekian banyak makanan sehat yang ada, bawang putih bisa jadi andalan Anda.

Menyehatkan jantung

Kabar baiknya, bawang putih juga berpotensi baik untuk mencegah risiko penyakit jantung.

Bawang putih telah dikenal sebagai pengobatan tambahan dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah, yang pada akhirnya mengurangi risiko aterosklerosis.

Menurunkan risiko kanker

Manfaat menguntungkan dari bawang putih telah dikenal selama berabad-abad.

Melansir dari National Center for Biotechnology Information, bukti penelitian sejauh ini menunjukkan kaitan antara konsumsi bawang putih rutin dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker.

Termasuk kanker perut (lambung, usus besar, dan usus kecil), kanker kerongkongan, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat.

Bawang putih mentah kaya akan kandungan sulfur aktif yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh.

Menjaga kesehatan otak

Ternyata makan bawang putih tidak cuma bermanfaat untuk kesehatan jantung, tapi juga otak.

Sebuah tim peneliti dari Universitas Missouri menemukan bahwa turunan karbohidrat dalam bawang putih yang dikenal sebagai FruArg melindungi sel-sel otak terhadap efek penuaan dan penyakit.

Mengatasi jerawat

Jangan menyerah dulu jika seribu satu cara menghilangkan jerawat sudah Anda coba tapi tidak ada yang berhasil.

Stok bawang putih di dapur mungkin bisa jadi solusinya.

Memperkuat tulang

Tahukah Anda selain kalsium dan vitamin D, flavonoid termasuk dalam komponen gizi yang paling potensial untuk meningkatkan kesehatan tulang?

Merangkum hasil temuan studi dalam Journal of Nutrition in Gerontology and Geriatrics, flavonoid berpotensi meningkatkan pembentukan tulang sementara memperlambat proses pengeroposan mineral tulang.

Nah dari keluarga bawang, bawang putih dan daun bawanglah yang ditemukan paling efektif menghambat proses perapuhan tulang.

Sebuah penelitian pada tikus lab juga menemukan bawang putih bermanfaat mencegah pengeroposan tulang setelah operasi pengangkatan indung telur (oophorectomy).

Melawan radang, pilek, dan batuk

Bawang putih adalah salah satu obat alami untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih terbukti ampuh membunuh berbagai kuman penyebab penyakit umum, seperti pilek dan flu, batuk, dan radang tenggorokan.

Jika Anda sakit, makan bawang putih dapat mengurangi keparahan gejalanya dan membantu Anda lebih cepat sembuh.

Berbagai penelitian juga melaporkan bahwa rutin makan bawang putih mentah mengurangi risiko jatuh sakit akibat tertular penyakit-penyakit umum di atas.

Selain itu, bumbu dapur wajib dalam masakan Indonesia ini bisa mengurangi kecapekan.

Mengatasi rambut rontok

Siapa sangka manfaat makan bawang putih mentah bisa mengatasi masalah rambut rontok?

Pada alopecia atau kebotakan yang disebabkan oleh penyakit autoimun, bawang putih mentah bisa memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala.

Beberapa orang bahkan mengoleskan minyak bawang putih di kepala untuk mencegah kebotakan.

Sementara mengenai cara memakannya, dilansir dari hellosehat.com, semua manfaat bawang putih di atas dapat Anda raup semudah mengunyah siungnya mentah-mentah.

Sebab justru dalam kondisi paling segarnyalah, nutrisi dalam bawang bisa bekerja optimal.

Mungkin cara makan bawang putih ini tidak biasa bagi Anda, tapi mengolah bawang dengan memasaknya justru akan menghilangkan berbagai nutrisi penting.

Namun jika tidak ingin terus-terusan makan yang mentah, tidak apa juga untuk menyelinginya dengan memasukkan bawang putih ke dalam masakan sehari-hari.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *