Mengirim Sinyal Dominasi

Mengirim Sinyal Dominasi
Firman Cecak
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh Firman Cecak

Hajinews.id – Uber membangun mereknya berdasarkan dominasi. Beberapa tahun pertama peluncuran mereka ditandai dengan relasi yang panas dengan pemerintah daerah, pesaing, dan pengemudi. Sinyal ini selaras dengan pandangan beberapa investor, karyawan, dan pengguna serta memungkinkan mereka untuk menyemarakkan kisah mereka dan cara menceritakannya. Ada beberapa pelanggan, mitra, dan karyawan yang responsnya terhadap narasi menang dan kalah adalah yang terbaik.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Anda ingin bekerja untuk perusahaan seperti apa? Orang-orang yang selaras dengan satu pandangan dunia sering kesulitan membayangkan mengapa seseorang mau memilih alternatifnya.

Mengirim sinyal afiliasi

Pemasar menghabiskan banyak waktu dan uang untuk melakukan tugas sederhana mengirim sinyal afiliasi atau dominasi. Seberapa sibuk stan pameran perdagangan? Siapa lagi yang berada di pesta peluncuran? Siapa yang mengurai bukunya? Apakah “orang-orang” berbicara tentang hal itu (dengan kata lain, “Apakah orang-orang seperti kita melakukan hal seperti ini?”)?

Afiliasi tidak terfokus pada kelangkaan sebagaimana kekuasaan, karena afiliasi mengagumi efek jaringan. Lebih banyak afiliasi akan berujung pada afiliasi untuk semua orang yang terlibat. Kelimpahan mendapat sambutan.

Pemasar terafiliasi yang mencari pengaruh bekerja untuk mempersiapkan pompanya dengan mengirim sinyal yang tepat kepada orang-orang yang tepat, saat mencari riam. Bagi sebuah bank investasi, itu berarti menayangkan iklan penawaran sekuritas baru dengan nama dari semua perusahaan yang “tepat” di bagian bawah. Bagi seorang penjual bisnis-ke-bisnis, itu berarti menciptakan rujukan. Bagi perajin lokal, itu berarti menetap di sebuah lingkungan tempat tinggal sampai reputasinya terjamin. Kekuasaan adalah pengalaman vertikal, di atas atau di bawah. Afiliasi adalah pengalaman horizontal: Siapa yang berdiri di sebelah saya?

Afiliasi atau dominasi adalah terserah pelanggan, bukan Anda

Apakah Anda melihat dunia dari segi pemenang dan pecundang? Atas dan bawah? Atau Anda lebih melihatnya dari segi orang dalam dan orang luar, sinkron, menjadi bagian dari sebuah gerakan?

Cara Anda melihat dunia tidaklah sepenting pandangan dunia dari orang-orang yang ingin Anda layani.

Sebagaimana sudah kita lihat, pandangan dunia mereka selalu lebih kuat daripada kisah yang akan Anda ceritakan. Orang-orang yang ingin kita layani mempunyai suara di kepala mereka yang berbeda dari suara Anda.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *