Hikmah siang : 7 Amal Jariyah yang Tak Terputus Pahalanya Meski Telah Meninggal Dunia

Tiap amal ada balasannya
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

 

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

 

Hajinews.id – Amal jariyah adalah sebuah amalan yang pahalanya akan terus-menerus mengalir hingga hari kiamat walaupun orang yang melakukan amalan tersebut sudah meninggal dunia.

Dalam Islam, amal jariyah sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh seorang muslim. Sebab, amalan ini dapat mendatangkan banyak pahala dan keutamaan bagi pelakunya dan itulah harta kita yang sebenarnya untuk dunia akhirat.

Maka sungguh beruntungnya orang orang yang mengerjakan amal jariyah ini karena hanya amal seseoranglah yang akan menemaninya di dalam kubur, harta dan keluarganya akan meninggalkanya sedangkan amalnya akan tetap setia menemaninya. Lantas apa sajakah yang termasuk dalam amalan jariyah ini?

Rasulullah bersabda:
سَبْعٌ يَجْرِيْ لِلْعَبْدِ أَجْرُهُنَّ مِنْ بَعْدِ مَوْتِهِ وَهُوَ فِي قَبْرِهِ : مَنْ عَلَّمَ عِلْمًا ، أَوْ أَجْرَى نَهْرًا ، أَوْ حَفَرَ بِئْرًا ، أَوَ غَرَسَ نَخْلًا ، أَوْ بَنَى مَسْجِدًا ، أَوْ وَرَثَ مُصْحَفًا ، أَوْ تَرَكَ وَلَدًا يَسْتَغْفِرُ لَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ

“Ada tujuh amalan yang pahalanya tetap mengalir untuk seorang hamba setelah dia meninggal, padahal dia berada di dalam kuburnya: (1) orang yang mengajarkan ilmu agama, (2) orang yang mengalirkan sungai (yang mati) (3) orang yang membuat sumur, (4) orang yang menanam kurma, (5) orang yang membangun masjid, (6) orang yang memberi mushaf Al-Qur’an, dan (7) orang yang meninggalkan seorang anak yang senantiasa memohonkan ampun untuknya setelah dia wafat. (HR. baihaqi)

Maka marilah apa yang kita mampu lakukan dari amalan amalan yang disebutkan diatas marilah kita lakukan selagi kita masih hidup, dan kita juga tidak mengetahui kapannya kematian itu, oleh karena itu salah satu persiapan yg paling bagus yaitu dengan melakukan sesuatu yang pahalanya tidak putus putus meskipun kita mati.

Rasulullah juga bersabda:
خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

“Sebaik-baik manusia yaitu adalah yg paling bermanfaat bagi orang lain.” (dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *