Ke Mana Anda Hendak Pergi? Apa Yang Menahan Anda?

Ke Mana Anda Hendak Pergi? Apa Yang Menahan Anda?
Firman cecak
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh Firman Cecak

Hajinews.id – Tidak jelas bagi saya mengapa rencana bisnis dibuat seperti itu, tapi rencana bisnis sering disalahgunakan untuk mengaburkan, membuat bosan, dan menunjukkan kemampuan untuk mematuhi harapan. Bila menginginkan kebenaran tentang sebuah bisnis dan ke mana arahnya, saya lebih memilih untuk melihat dokumen yang lebih bermanfaat. Saya akan membagi rencana bisnis modern menjadi lima bagian:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

  • Kebenaran
  • Manusia
  • Pernyataan
  • Uang
  • Alternatif

Bagian kebenaran menggambarkan dunia apa adanya. Buatlah catatan kaki kalau Anda mau, tapi ceritakan kepada saya tentang pasar yang akan Anda masuki, kebutuhan yang ada, pesaing di ruang Anda, standar teknologi, serta bagaimana orang lain mengalami kesuksesan dan kegagalan di masa lalu. Semakin terperinci, semakin baik. Semakin banyak pengetahuan dasar, semakin baik. Semakin mendalam kisahnya, semakin baik. Poin dari bagian ini adalah untuk memastikan bahwa Anda memahami cara Anda memandang dunia dengan jelas, serta bahwa Anda dan saya setuju dengan asumsi Anda. Bagian ini tidak partisan—tidak mengambil posisi apa pun; bagian ini hanya menyatakan segala sesuatu apa adanya.

Kebenaran membutuhkan waktu selama yang Anda butuhkan untuk menceritakannya. Ini bisa mencakup lembar lajur, analisis pangsa pasar, dan segala hal lain yang saya butuhkan untuk mengetahui cara kerja dunia.

Bagian pernyataan adalah kesempatan untuk menggambarkan cara Anda mengubah segala sesuatu. Kita akan melakukan X, lalu akan terjadi Y. Kita akan membangun dengan uang sebanyak ini dalam waktu sebanyak ini. Kita akan menghadirkan Q ke pasar, dan pasar akan merespons dengan mengambil tindakan ini.

Anda menciptakan ketegangan dengan menceritakan kisah. Anda melayani pasar khusus. Anda memperkirakan sesuatu akan terjadi karena kedatangan Anda. Apa?

Ini adalah jantung dari rencana bisnis modern. Satu-satunya alasan untuk meluncurkan sebuah proyek adalah untuk membuat perubahan, untuk membuat segala sesuatu menjadi lebih baik, dan kami ingin tahu apa yang akan Anda lakukan dan apa dampaknya.

Tentunya bagian ini tidak akan akurat. Anda akan membuat pernyataan yang tidak akan memberi hasil. Anda akan melewati anggaran, tenggat waktu, dan penjualan. Jadi, bagian alternatif akan memberitahu saya apa yang akan Anda lakukan bila hal itu terjadi. Seberapa banyak fleksibilitas yang dimiliki produk atau tim Anda? Bila pernyataan Anda tidak berhasil, apakah semuanya berakhir?

Bagian orang menyoroti elemen kunci dengan tepat: Siapa yang berada di tim Anda dan siapa yang akan bergabung dengan tim Anda. “Siapa” bukan berarti riwayat hidup mereka, melainkan sikap dan kemampuan mereka serta rekam jejak.

Anda bisa melangkah lebih jauh di sini. Siapa orang-orang yang Anda layani? Siapa juaranya? Apa yang mereka yakini tentang status? Pandangan dunia seperti apa yang mereka miliki?

Bagian terakhir seluruhnya tentang uang. Berapa yang Anda butuhkan, berapa yang akan Anda habiskan, seperti apa rupa aliran kas, rugi laba, neraca, margin, dan strategi jalan keluar.

Venture Capital lokal Anda mungkin tidak menyukai format ini, tapi saya berani bertaruh hal ini akan membantu tim Anda menelaah isu sulit secara lebih jelas.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *