Gelar Pertemuan dengan Liga Dunia Islam, Din Syamsuddin: Agama Islam Adalah Rahmat Bagi Alam Semesta

diktator koinstitusional
Din Syamsuddin
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005-2010 dan 2010-2015 Prof Dr KH Muhammad Din Syamsuddin MA melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Robitoh Al-Alam Al-Islami atau Liga Dunia Islam Syaikh Dr Muhammad Abdul Karim Al-Isa. Sabtu (17/7/2021).

Robitoh Al-Alam Al-Islami merupakan lembaga Islam Internasional yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di dunia. Salah satu tugas Robitoh adalah adalah menyampaikan risalah Islam dan ajarannya ke seluruh penjuru dunia.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pertemuan yang digelar melalui aplikasi zoom itu, bertujuan untuk memperkuat hubungan antar ormas-ormas Islam di Indonesia dan dunia. Mengingat Indonesia merupakan negara terbesar berpenduduk Islam dan telah sukses menjalani kehidupan yang damai dalam keberagaman. Turut hadir dalam pertemuan tersebut yaitu KH Anizar Masyhadi selaku Pimpinan Pondok Modern Tazakka, Kabupaten Batang Jawa Tengah.

Dalam kesempatannya, Din Syamsuddin menyampaikan ucapan selamat kepada Syaikh Al-Isa atas penganugerahan Doktor Honoris Causa dari PBB melalui University for Peace pada 5 Juli 2021 di Jenewa. Pertemuan tersebut juga dijadikan sebagai momentum untuk saling mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

Mereka kemudian membahas tentang peran umat Islam dalam mewujudkan perdamaian, peradaban, dan dialog antar agama. Dalam paparannya, Sekjen Robitoh juga memuji Prof Din Syamsuddin dan mengapresiasi umat Islam di Indonesia yang telah menjunjung tinggi nilai-nilai Islam sebagai agama yang rahmatan lil ‘alamin. Agama Islam merupakan rahmat bagi seluruh alam semesta. Konsep pengembangan nilai-nilai Islam bisa terwujud bila mana pola hubungan antar manusia yang pluralis, humanis, dialogis, dan toleran dapat dilakukan dengan cara kasih sayang.

Saat ini, Syaikh Al-Isa tengah gencar mengkampanyekan gerakan wasatiyyat Islam atau Islam Moderat yang akan diwujudkan dengan Pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam di Jakarta. Museum tersebut bertujuan sebagai gambaran Islam secara kaffah dengan nilai-nilai yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW.

Di sela-sela dialog, Din Syamsuddin yang juga merupakan President of Asian Conference on Relegion for Peace (ACRP) akan mengundang Syaikh Al-Isa untuk menyampaikan sambutan pada pembukaan General Assembly ACRP di Tokyo pada Oktober 2021 mendatang. (dbs).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *