Buya Yahya Beri Penjelasan Apa Boleh Menyemir Rambut Warna Hitam

Buya Yahya Beri Penjelasan Apa Boleh Menyemir Rambut Warna Hitam
Buya Yahya Beri Penjelasan Apa Boleh Menyemir Rambut Warna Hitam
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Menyemir rambut adalah salah satu hal yang saat ini sangat lumrah dilakukan oleh banyak orang.

Dalam Islam bolehkah seseorang menyemir rambut? Menanggapi pertanyaan ini, Buya Yahya memberikan penjelasan yang lengkap.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Sudah jelas para ulama menjelaskan bahwa menyemir rambut dengan warna hitam itu haram. Kalau kita kembalikan dengan kesepakatan para ulama maka menyemir rambut dengan warna hitam tidak diperkenankan,” ucap Buya Yahya, seperti dikutip dari video YouTube Buya Yahya yang diunggah pada tanggal 5 Desember 2017.

Buya Yahya menjelaskan bahwa hukum menyemir rambut menurut sebagian besar para ulama itu tidak diperkenankan.

Namun, jika menyemir rambut dengan warna selain hitam maka tidak apa-apa.

“Selain warna hitam adalah boleh. Tapi jangan sampai di sini fatwa itu,” jelas Buya Yahya.

Penjelasan ini tidak sampai di sini. Menurut Buya Yahya, menyemir rambut itu bukanlah syiarnya orang sholah maka sebaiknya tidak dilakukan dan melakukan sunnah yang lainnya.

“Ingat Imam Ghozali telah menjelaskan segala sesuatu termasuk sunnah nabi kalau sudah menjadi syiarnya orang fasik tolong ditinggalkan dulu dan ambil sunnah yang lain,” ucap Buya Yahya.

“Maksudnya adalah jika menyemir rambut warna-warni itukan bukan syiarnya orang sholeh jadi sebaiknya tidak dilakukan,” kata Buya Yahya.

Meski sebagian besar para ulama menyatakan menyemir rambut dengan warna hitam itu haram, ada sebagian kecil ulama yang memperbolehkannya dengan syarat tertentu.

“Namun jika menyemir hitam jika tujuannya untuk kesehatan ada beberapa ulama yang memperkenankan, khusus untuk keadaan tertentu dan untuk orang tertentu. Tapi hal ini masih termasuk pendapat lemah,” jelas.

Buya Yahya menegaskan menurut sebagian ulama kecil jika memang diperlukan menyemir rambut warna hitam untuk alasan tertentu seperti kesehatan tidak apa-apa jika dilakukan.

Sumber: jember

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *