Penjelasan Buya Yahya Tentang Dimana Letak Alam Barzah, Apakah di dalam Kuburan? 

Penjelasan Buya Yahya Tentang Dimana Letak Alam Barzah
Penjelasan Buya Yahya Tentang Dimana Letak Alam Barzah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Selama masih hidup dengan tubuh jasmani dan bisa bernafas, manusia akan menikmati suka duka selama berada di alam dunia.

Usai meninggal dunia, tubuh jasmani manusia memang akan hancur dan kembali menjadi tanah. Namun roh manusia akan dibangkitkan lagi di alam barzah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tentu keberadaan alam barzah kerap membuat orang penasaran. Pasalnya, orang hidup tak akan berada di sana sebelum dirinya meninggal dunia.

Lantas apakah alam barzah nyata adanya? Dan dimana letak alam barzah, apakah di dalam kuburan orang meninggal? Berikut penjelasan Buya Yahya.

Buya Yahya menegaskan alam barzah itu nyata. Manusia hidup di alam rahim, alam dunia, alam barzah hingga akhirnya berada di dalam akhirat.

“Tempatnya alam barzah itu bukan di kuburan. Kubur menyimpan jasad manusia,” ujarnya, dikutip dari video YouTube Al-Bahjah TV yang diunggah, 16 Oktober 2018.

Meski alam barzah tak berada di dalam kuburan, dalam suatu hadist disebutkan orang meninggal dunia yang sudah dikubur tetap bisa mendengar langkah kaki.

Buya Yahya menjelaskan alam barzah digambarkan memang suatu alam. Jadi terdapat alam rahim, alam dunia, alam barzah, dan akhirat. Semuanya tidak sama atau berbeda.

Alam barzah dan alam dunia dikatakan perbandingannya seperti alam rahim dan dunia. Gede alam barzah, seperti apa dan dimana tempatnya? Anda mati nanti baru tahu,” ungkapnya.

Buya Yahya lalu mengatakan dalam Islam disunnahkan ziarah kubur di kuburan orang yang sudah meninggal dunia. Hal ini penting karena banyak faedahnya.

Diantara faedah ziarah ke kuburan orang meninggal dunia, seperti mengingatkan akhirat, semakin dekat dengan kematian, dan sadar untuk giat dalam beribadah.

“Jangan sampai ketika ziarah kubur dilihat saja anda tidak berdoa. Dan biarpun tidak bisa ziarah jangan lupa berdoa, ziarah dengan batin anda,” pungkasnya.

Dalam hal berdoa, doa yang dipanjatkan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal dunia bisa dilakukan dimana saja dan tetap bisa sampai.

Sumber: jember

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *