Sebelum Dikudeta, Presiden Guinea Perpanjang Masa Jabatan Jadi 3 Periode, Naikkan Pajak dan BBM

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

Jakarta, Hajinews.id – Presiden Guinea, Alpha Conde mengubah konstitusi yang membuat dia dapat mencalonkan diri kembali pada Pemilu 2020 sehingga masa jabatannya di perpanjang menjadi tiga periode.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Pada Oktober 2020, dia memenangkan jabatan untuk periode ketiga,” kata media itu seperti dikutip Senin (6/9/2021).

Kemenangan Conde itu, lanjut Reuters, memicu protes keras dari oposisi.

Kebijakan lain yang membuat Conde dikudeta militer adalah menaikkan pajak secara tajam untuk mengisi kembali kas negara, dan menaikkan harga BBM sebesar 20%, sehingga menyebabkan frustrasi yang meluas di tengah masyarakat.

Conde dikudeta militer dengan tanpa perlawanan berarti.

Sebelum militer mengumumkan pengambilalihan kekuasaan, masyarakat mendengar tembakan meletus di dekat istana presiden di ibukota Guinea, Conakry, pada Minggu pagi. Beberapa jam setelah itu, sebuah video yang menggambarkan Conde di sebuah ruangan yang dikelilingi oleh pasukan khusus tentara, beredar di media sosial.

Pasca kudeta, kepala unit elit tentara Guinea, Mamaday Doumbouya, mengatakan, pihaknya telah membubarkan pemerintah dan institusi, serta telah menutup perbatasan, baik darat maupun udara.

Doumbouya yang merupakan mantan legiuner asing Prancis, dengan dibungkus bendera nasional Guinea dan dikelilingi oleh delapan tentara bersenjata, melalui televisi pemerintah mengatakan, pihaknya juga akan menulis ulang konstitusi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *