Jokowi Resah: Kita Mestinya Bisa Mengendalikan Harga CPO

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut seharusnya Indonesia sebagai pemilik komoditas kepala sawit dapat menentukan harga.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat meresmikan pabrik biodiesel milik PT Jhonlin Agro Raya di Kabupaten Tanah Rumbu, Kalimantan Selatan, Kamis (21/10/2021).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Jangan sampai kita memiliki CPO tapi yang menentukan harga adalah yang ada di pasar. Tidak,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan pentingnya penguatan industri biodiesel tanah air. Menurutnya, kehadiran pabrik biodiesel dapat menjaga stabilitas harga kelapa sawit.

Menurutnya, Indonesia sebagai pemilik komoditas CPO harus bisa mengendalikan harga di pasar global. Jokowi lantas membagikan resep terkait hal itu.

“Kita mestinya bisa mengendalikan ini dengan cara apa? Kalau pas ekspor harganya baik, silahkan ekspor. Kalau tidak, kita pakai sendiri. Kita memiliki alternatif dan opsi itu. Memastikan stabilitas, demand, dan permintaan pada para petani sawit,” jelasnya.

Jokowi menginginkan agar perusahaan-perusahaan melakukan hilirisasi kelapa sawit. Jokowi tak ingin lagi, kelapa sawit tidak hanya sekedar di ekspor, melainkan diolah menjadi barang yang memberikan nilai tambah.

“Langkah strategis ini jelas membutuhkan komitmen dan dukungan dari kita semuanya, dari hulu sampai hilir. Di hulu ada industri sawit dan CPO. Di tengah ada industri biodiesel, di hilir nanti ada industri pengguna biodiesel baik itu industri transportasi, kemudian pembangkit listrik, dan industri yang lainnya,” tegasnya.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *