Hindari Segera Kebiasaan Buruk Ini, Karena Dapat Cepat Merusak Otak

Kebiasaan Buruk Yang Dapat Cepat Merusak Otak
Kebiasaan Buruk Yang Dapat Cepat Merusak Otak
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idOtak adalah organ vital manusia yang memiliki banyak fungsi penting untuk mengontrol semua yang terjadi pada tubuh.

Otak merupakan pusat perintah dan sistem saraf manusia yang memiliki sejumlah jaringan dan miliaran saraf pendukung yang terhubung dengan sumsum tulang belakang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Otak terbagi dalam tiga bagian utama, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum) dan batang otak.

Masing-masing bagian otak tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, otak besar berfungsi untuk mengatur gerakan tubuh, ucapan perilaku, memori dan kepribadian.

Sedangkan otak kecil berfungsi untuk mengatur kerja sama antar otot, mengendalikan keseimbangan, dan menjaga postur tubuh.

Bagian terakhir adalah batang otak, batang otak berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan antara berbagai bagian tubuh dengan otak.

Otak sangat penting peranannya bagi keberlangsungan hidup manusia. Jika otaknya bermasalah, maka akan bermasalah juga tubuh manusia tersebut.

Ada 8 hal kebiasaan buruk manusia yang secara tidak sadar dapat cepat merusak otak, diantaranya:

1. Tidak sarapan pagi

Otak merupakan salah satu organ yang paling butuh asupan makanan, karena otak menggunakan 25% tanaga lebih banyak dari organ lain.

Tidak melakukan sarapan dapat mengurangi asupan nutrisi pada otak. Akibatnya, banyak sel-sel otak akan mati dan kinerja otak akan menjadi kurang aktif pada hari tersebut.

2. Terlalu banyak makan

Makan yang berlebihan tidak baik untuk otak, hal itu dapat menyebabkan banyaknya darah yang dialirkan ke perut dan usus untuk tujuan pencernaan.

Akibatnya, darah kurang mengalir ke otak yang dapat mengakibatkan rasa kantuk, malas, dan tidak fokus.

3. Terlalu banyak mengonsumsi gula

Gula yang berlebihan dalam tubuh dapat mengganggu penyerapan protein dan nutrisi, hal tersebut dapat mengganggu perkembangan otak.

4. Tidur yang berlebihan

Tidur baik untuk kesehatan dan tubuh kita, namun tidur yang berlebihan menyebabkan otak kurang aktif dan melemahkan daya berpikir seseorang.

5. Merokok

Selain tidak baik untuk paru-paru, rokok juga tidak baik untuk otak. Asap rokok memiliki zat yang kurang baik yang dapat membunuh sel-sel otak.

6. Menghirup udara yang tercemar

Otak merupakan pengguna oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Jika otak terus-menerus menghirup udara yang tercemar, maka kemungkinan sel-sel otak tersebut akan menjadi rusak.

7. Jarang berpikir

Otak merupakan alat penggerak manusia, maka dari itu otak harus dilatih aktif agar tubuh sehat.

Jarang berpikir membuat otak tidak aktif, sebaiknya otak dilatih untuk terus berfikir agar otak menjadi aktif dan dapat memerankan fungsinya dengan baik.

8. Tidur dengan menutup muka

Tidur dengan gaya tengkurap atau dengan menutup muka dengan bantal tidak baik untuk otak.

Hal itu dapat menyebabkan banyak gas karbon dioksida terperangkap dan terhidup kembali ke otak dan membuat otak menjadi kekurangan oksigen.

Menjaga kesehatan otak penting untuk diperhatikan agar tubuh tetap sehat, karena otak yang sehat membuat tubuh sehat.

Selain menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, sebaiknya dianjurkan juga untuk rutin melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengecek kondisi kesehatan otak. [berita]

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *