Pengurus Pusat IPHI 2021-2026 Diwarnai Wajah Baru

Pengurus Pusat IPHI 2021-2026 Diwarnai Wajah Baru
Pengurus Pusat IPHI 2021-2026 Diwarnai Wajah Baru
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Periode 2021-2026 resmi dikukuhkan oleh H. Ismed Hasan Putro selaku Ketua Umum terpilih dalam Muktamar VII Surabaya Agustus 2021.

Pengukuhan berlangsung di Gedung Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Sabtu (6/11/2021). Hadir pula mantan Wapres Jusuf Kalla selaku Ketua Dewan Kehormatan, yang siang itu menyerahkan pataka IPHI sebagai simbol diresmikannya kepengurusan dan segera menjalankan tugasnya merealisasikan program kerja keummatan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kepengurusan PP IPHI kali ini sebanyak 93 orang, relatif gemuk, karena banyak hal masalah keumatan yang memang perlu disikapi oleh IPHI. Bukan hanya masalah perhajian, tetapi juga pembinaan pasca haji, pemberdayaan umat, soal pangan, kesehatan, lingkungan, hukum dan advokasi haji dan umroh, serta ekonomi kreatif, profuk halal  dan komunikasi publik.

Nama-nama pengurus lainnya, di antaranya adalah Mayjen Purn. Ahmad Yani Basuki sebagai Wakil Ketua Umum, dan Nur Hasanah juga sebagai Wakil Ketua Umum. Sedangkan Sekjen Abidinsyah Siregar, Wakil Sekjen Arief Nurrawi, dan Hanik Rofiqoh. Beberapa tokoh menduduki posisi ketua adalah  Abudin Nata, Masrohan Sulaiman, Ending Baharuddin, Muhammad Joni, M. Ali Toha, Kurniawan Zulkarnain, dan Siti Marhamah.

Sejumlah nama penting juga duduk di Dewan Kehormatan. Selain Jusuf Kalla, juga ada Yahya Cholil Tsaquf, Wasir Talib, Din Syamsuddin, Valina Singka Subekti, Hamdan Zoelfa dan Khofifah Indar Parawansa.

Di posisi Dewan Pembina terdapat nama Muhajir Effendy, Rachmat Gobel, Sandiaga Salahudin Uno, Emil Dardak dan Hasto Wardoyo. Di jajaran Dewan Penasihat ada nama Sofyan Djalil. Zainut Tauhid Saadi, Nazaruddin Umar, Anwar Abbas, Maria Ulfah Anshor.

Di Dewan Pakar terdapat nama Mohammad Nasir, Muhammad Nuh, Didin Hafidudin, Muchamad Cholil Nafis, Sudirman said, dan lain-lain.

Dalam pelantikan ini, Jusuf Kalla berpesan agar tetap istiqomah mewujudkan haji mabrur. Bagi yang sudah asntri untuk berhaji, bahkan daftar tunggunya sampai 40 tahun seperti di Makassar, juga sabar, karena salah satu syarat dan rukun haji adalah mampu. Artinya jika tidak mampu, maka kewajiban itu tak lagi ada. Kemampuan itu juga termasuk di dalamnya adalah situasi dan kondisi. Saat ini dikatakan tidak memungkin berhaji karena masih ada kondisi yang membuat haji ditunda, karena pandemi.

Oleh karena itu yang masih memungkinkan dan tidak ada daftar tunggu adalah umroh. Untuk ini IPHI, menurut Ketua Umum PP IPHI Ismed Hasan Putro, akan dirancang umroh bersama dengan kapal pesiar.  (*)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Iklan mungkin perlu Pak, tapi janganlah yg mengumbar aurat seperti diatas.
    Media kita ini kan dikosumsi para haji dan keluarganya.
    Mohon dimaklumi, terima kasih.