Pengamat: Yang Bisa Hentikan Anies Baswedan Hanya Ganjar Pranowo

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Pengamat politik dari lembaga survei SMRC, Saiful Mujani menilai, ada sejumlah nama yang bukan pimpinan Partai Politik (Parpol) yang kini memiliki elektabilitas tinggi jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Nama-nama tersebut mempunyai gejala dukungan yang kuat dari masyarakat. Diantaranya: Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Khofifah Indar Parawansa. Di antara nama-nama itu, Ganjar Pranowo punya peluang besar untuk memenangi Pilpres.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Ganjar unggul cukup jauh, bahkan besar peluangnya untuk mengalahkan semua calon,” ujar Saiful Mujani lewat keterangan tertulisnya, Sabtu (6/11/2021).

Saiful mengatakan, Ganjar Pranowo bisa mengalahkan semua calon-calon lain jika Partai Demokrasi Indonesia- Perjuangan (PDIP) mau mencalonkannya.

Namun bila PDI-P tidak majukan Ganjar Pranowo karena inginkan pasangkan Puan Maharani dan Prabowo Subianto, maka Anies punya peluang menangkan Pilpres 2024.

“Bila Anies unggul atas prabowo, apakah PDIP akan tetap mencalonkan Prabowo? apakah Golkar akan tetap mendukung AHY? golkar mungkin memasangkan Airlangga dengan Anies, dan partai-partai lain mungkin akan mendukung Anies-Airlangga melawan Prabowo-Puan: PDIP-Gerindra vs. the rest” ujar Saiful.

Saiful Mujani menilai, jika pasangannya, Prabowo Subianto- Puan Maharani vs Anies Baswedan -Airlangga, atau Ridwan atau Khofiffah atau AHY, maka dari pasangan dan mama-nama itu, apabila tidak ada Ganjar Pranowo, maka Anies Baswedan punya peluang menang sangat besar.

“Yang bisa menghentikan Anies sementara ini tidak ada, kecuali Ganjar. Maka yang menentukan kemudian adalah apakah PDIP akan tetap dukung Prabowo lawan Anies, karena ingin Puan jadi Wapres Prabowo padahal Prabowo akan kalah sama Anies sehingga target Puan tak tercapai?” papar Saiful Mujani.

Dia menambahkan bahwa bila PDIP ingin menjaga tradisi rasional seperti 2 kali Pilpres terakhir, maka Puan tidak dipaksakan maju di Pilpres 2024.

“PDIP akan bisa tetap punya Presiden dari kadernya sendiri, dengan memilih Ganjar sebagai calonnya” tuturnya.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *