Keren! Pemprov DKI Jakarta Raih Penghargaan dari Kemenkes

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti (foto istimewa)
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Dianggap sukses melaksanakan tes lacak isolasi, penerapan K3 dan protokol kesehatan Covid-19, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terbaik, serta indeks keluarga sehat (IKS) membuat Pemerintah DKI Jakarta diganjar penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada DKI Jakarta di skala nasional. Dia mengatakan, capaian itu terwujud atas peran serta seluruh pihak, baik tenaga kesehatan, dukungan pemerintah pusat dan daerah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Serta yang terpenting partisipasi aktif dari masyarakat yang ingin meningkatkan derajat kesehatan,” katanya dalam siaran persnya, Minggu (14/11/2021).

Penghargaan secara khusus juga diberikan kepada Kota Administrasi Jakarta Timur atas pelaksanaan Tes Lacak Isolasi (TLI) terbaik tingkat kabupaten/kota. Dia mengungkapkan, kota Jakarta Timur memiliki rasio lacak sebesar 25. Artinya dari satu kasus positif, dilacak sebanyak 25 orang yang menjadi kontak erat.

Selain itu, kata dia, pencarian kasus positif secara aktif atau Active Case Finding (ACF) dilakukan secara jitu di zona populasi berisiko, dalam hal ini RT merah, oranye, dan kuning, di mana penyisiran tidak hanya dilakukan di sekolah, tetapi juga di mall, pasar, dan perkantoran atau tempat usaha.

“Bahkan, ACF pada masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Kota Administrasi Jakarta Timur mencapai 18% dan telah melampaui target yang ditentukan oleh Kemenkes RI sebesar 10,” ujarnya.

Sementara itu, penghargaan atas penerapan K3 dan protokol kesehatan Covid-19 diberikan kepada Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta. Kolaborasi kedua organisasi perangkat daerah tersebut dalam memastikan Satgas Covid-19 di perkantoran mampu bergerak optimal menjadi poin penting.

“Dengan begitu perkantoran dapat secara aktif melaporkan kasus positif, lalu transparansi terhadap data kasus perkantoran dapat diakses oleh masyarakat melalui situs corona.jakarta.go.id. Masyarakat juga dapat melaporkan pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi di lingkungannya melalui aplikasi Jakarta Kini (JAKI),” katanya.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *