Perlukah Berkhalwat ?

Perlukah Berkhalwat ?
Perlukah Berkhalwat ?
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: KH Luthfi Bashori

Hajinews.idKhalwat atau menyendiri itu adalah perintah agama. Sebagaimana Rasulullah SAW dulu pernah melakukannya, sebelum diangkat menjadi seorang nabi, beliau SAW berkhalwat di goa Hira.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut KBBI, Khalwat itu mengasingkan diri di tempat yang sunyi untuk bertafakur, beribadah, dan sebagainya.

Rasulullah SAW bersabda: “Sudah sepantasnya bagi seseorang untuk memiliki majelis-majelis tempat ia menyendiri dan mengingat semua dosa-dosanya lalu ia memohon ampun kepada Allah dari dosa-dosa tersebut.” (HR. Imam Baihaqi)

Yang dimaksud dengan majelis dalam hadits ini, seperti surau atau masjid atau tempat pengajian dan majelis dzikir.

Majelis-majelis seperti itu sangat penting untuk membina rohani, agar selalu ingat kepada Allah dan ingat akan dosa-dosa yang telah dikerjakannya, lalu ia memohon ampun kepada Allah SWT.

Khalwat di jaman modern, bisa juga menyendiri untuk menggali ilmu agama dari kitab-kitab para ulama Salaf Ahlus Sunnah wal Jamaah. Karena dengan membaca dan mengkaji ilmu agama, maka keterikatan hati kepada Allah akan semakin dekat, sebagaimana tujuan berkhalwat itu sendiri.

Khalwat itu di samping untuk tujuan beribadah dan memohon ampunan kepada Allah, bisa juga dipergunakan untuk mengarang sebuah karya tulis tentang ajaran agama Islam, tentu bagi yang mampu untuk melaksanakannya, sebagaimana dulu beberapa ulama Salaf melakukannya, hingga terbit buku-buku fenomenal karya mereka.

Contoh Imam Al-Ghozali pengarang kitab Ihya Ulumiddin, di saat beliau memutuskan diri untuk berkhalwat, beliau dapat merampungkan sebuah buku yang cukup fenomenal, yaitu kitab Minhajul Abidin.

Di jaman sekarang bisa saja seseorang yang ingin melakukan khalwat di dalam rumahnya, dengan memutuskan diri tanpa banyak keluar ke tengah-tengah masyarakat, kecuali hanya keluar yang bersifat wajib, seperti melaksanakan shalat Jumat, menghadiri undangan walimah dari tetangga dan family, lantas selebihnya dipergunakan untuk beribadah baik yang wajib maupun yang sunnah, serta berkarya di dalam rumah untuk tujuan ikut meninggikan ayat-ayat Allah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *