Pandemi Covid-19 Eropa Mencekam, WHO Prediksi Jumlah Kematian Bisa Tembus Setengah Juta

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jenewa, Hajinews.id — Meningkatnya jumlah kasus infeksi Covid-19 di Eropa telah memicu kekhawatiran dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Berbicara kepada BBC, Direktur WHO untuk kawasan Eropa, Dr Hans Kluge memperingatkan jika jumlah kematian akibat wabah Covid-19 di Eropa kemungkinan bisa mencapai 500 ribu kasus pada Maret tahun depan, jika pemerintah negara di kawasan tersebut tidak segera mengambil tindakan tegas.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Peringatan tersebut ia lontarkan setelah sejumlah negara melaporkan adanya peningkatan kasus infeksi yang signifikan, bahkan tak sedikit negara yang jumlah penambahan kasus harian belakangan ini telah menembus rekor baru. Beberapa negara di Eropa juga mulai memberlakukan kembali kebijakan lockdown.

Dr Kluge mengatakan jika peningkatan kasus infeksi yang signifikan tersebut dipicu oleh sejumlah faktor, diantaranya periode peralihan ke musim dingin, belum meratanya pendistribusian vaksin hingga penyebaran varian Delta Covid-19.

Oleh karena itu, ia mendesak pemerintah untuk kembali memperketat aturan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan melakukan metode pengobatan baru bagi pasien Covid-19.

“Covid-19 kembali menjadi penyebab nomor satu kasus kematian di kawasan kita,” ujar Kluge dalam sebuah wawancara dengan media Inggris BBC.

“Kita sebenarnya sudah tahu apa yang perlu dilakukan (untuk melawan penyebaran virus),” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Dr Kluge juga meminta semua negara di Eropa untuk menjadikan vaksin sebagai sebuah syarat wajib bagi warganya. Ia mengatakan bahwa aturan mengenai wajib vaksin tersebut seharusnya tidak dianggap sebagai “pembatasan kebebasan masyarakat, tapi lebih kepada sebuah perangkat untuk menjaga kebebasan seseorang”.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *