Jangan diabaikan jika Muncul 4 Tanda Ini Bisa Menyebabkan Ginjal Bermasalah dan Sering Tidak Disadari

Tanda Ini Bisa Menyebabkan Ginjal Bermasalah
Tanda Ini Bisa Menyebabkan Ginjal Bermasalah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idGinjal merupakan organ vital yang perlu dijaga. Organ ini berfungsi untuk menyaring darah, membuang limbah serta racun dari tubuh.

Setiap hari ginjal menyaring 20 sampai 150 liter darah untuk menghasilkan satu sampai dua liter urine.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Seiring bertambahnya usia, fungsi ginjal akan menurun. Namun bukan itu saja, faktor gaya hidup juga bisa mempengaruhi kesehatan ginjal.

Tetapi banyak orang yang tidak peduli atau mungkin tidak sadar bahwa ginjalnya bermasalah. Padahal ginjal merupakan organ yang sangat penting.

Untuk mengetahui ginjal ada gangguan atau tidak, kita bisa mendeteksi sejak dini dari beberapa gejala yang dialami.

Dikutip dari kanal YouTube VDVC health yang diunggah 20 November 2020, berikut beberapa gejala yang akan muncul jika ginjal anda bermasalah.

Tanda-tanda tersebut akan disampaikan oleh dr. Pringgodigdo Nugroho, Sp.PD-KGH, yaitu seorang Dokter Ginjal atau spesialis penyakit dalam.

1. Sering merasa lelah

Sepele dan tidak disadari banyak orang. Masyarakat sering menilai bahwa sering merasa lelah disebabkan oleh aktivitas yang terlalu banyak.

Ternyata cepat lelah juga bisa menjadi salah satu tanda adanya masalah pada ginjal.

Jika ginjal bermasalah akan ada penumpukan kotoran atau racun di dalam tubuh. Kotoran dan racun dalam darah akan menyebabkan tubuh terasa cepat lelah, konsentrasi berkurang, dan tidak bertenaga.

Selain itu, gangguan pada ginjal juga dapat menyebabkan seseorang mudah terkena anemia. Kondisi inilah yang menyebabkan penderita penyakit ginjal cepat merasa lelah.

2. Sulit tidur

Selain cepat lelah, penumpukan kotoran dan racun di dalam tubuh juga akan menyebabkan gangguan tidur.

Tubuh yang penuh dengan racun, akan membuat seseorang kesulitan tidur dan mudah stress. Hal ini terjadi karena peningkatan kadar toksin didalam darah.

Selain sulit tidur, gejala lainnya adalah kulit yang kering dan sering terasa gatal. Tidak hanya berfungsi untuk membuang kotoran dari dalam tubuh, ginjal juga berguna untuk memproduksi sel darah merah, serta menjaga kestabilan mineral di dalam tubuh.

Kulit yang terasa kering dan gatal bisa menandakan berbagai hal. Salah satunya adalah tanda bahwa ginjal sudah tidak mampu lagi menjaga keseimbangan mineral nutrisi di dalam darah.

3. Urine bercampur dengan darah

Ginjal yang sehat akan tetap mampu menjaga sel darah merah berada dalam tubuh dan tidak keluar bersama air seni.

Namun, ginjal yang bermasalah menyebabkan sel-sel darah merah mulai bocor dan masuk ke dalam urine.

Hal itulah yang menyebabkan urine yang keluar dari dalam tubuh akan bercampur dengan darah.

Gejala ini tidak hanya menandakan pada ginjal saja. Tapi bisa juga menjadi pertanda adanya masalah seperti batu ginjal hingga kanker prostat.

4. Adanya pembengkakan di beberapa area tubuh

Pembengkakan di beberapa area tubuh menandakan turunnya fungsi ginjal secara otomatis yang menyebabkan terjadinya retensi sodium.

Kondisi tersebut akan mengakibatkan munculnya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, seperti kaki, tangan, dan wajah.

Pembengkakan tersebut terjadi akibat terganggunya fungsi ginjal untuk mengeluarkan cairan. Jika tidak segera ditangani, kondisi tubuh yang seperti ini akan menimbulkan komplikasi pada organ hati dan jantung.

Itulah 4 gejala atau tanda ginjal anda bermasalah. [jmbr]

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *