Muktamar NU, Sejumlah Kiai Minta PBNU Ikuti Keputusan Rais Am

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id – Pengasuh Pesantren Lirboyo KH Anwar Mansyur meminta seluruh kiai bisa bersama dengan Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar karena Rais Aam adalah representasi dari kiai-kiai pesantren.

“Kiai harus bareng-bareng, tidak boleh sendiri-sendiri bersama Kiai Mift (Miftachul Akhyar),” kata KH Anwar Mansyur saat silaturahmi bersama Rais Aam serta sejumlah kiai sepuh di kediaman KH Nurul Huda Djazuli, Ploso, Kediri, Jawa Timur, Minggu 5 Desember 2021.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hadir dalam silaturahmi itu Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, KH Nurul Huda Djazuli, serta KH Anwar Iskandar. KH Anwar Mansyur hadir dengan virtual melalui sambungan telepon karena kebetulan sedang tidak berada di Kediri.

Hal yang sama diungkapkan KH Anwar Iskandar. Menurut dia, Rais Aam adalah simbol pemimpin tertinggi sehingga harus dijaga marwahnya. Rais Aam juga merupakan simbol kiai-kiai sepuh pesantren.

Sebagai simbol tertinggi, lanjut Kiai Anwar, maka keputusan Rais Aam harus diikuti. PBNU ibarat sebuah pondok pesantren besar, di mana Rais Aam adalah kiainya sedangkan pengurus PBNU adalah lurahnya atau pengurus pondoknya.

“Yang namanya kiai itu posisinya tertinggi di pesantren. Bahkan kiai punya hak veto, kalau lurah (pengurus) pondok salah bisa langsung diveto. Begitu juga Rais Aam posisinya seperti itu, pengurus PBNU wajib nurut,” ujar KH Anwar dikutip dari siaran pers.

KH Nurul Huda Djazuli mengatakan Rais Aam KH Miftachul Ahyar adalah titipan para kiai-kiai sepuh untuk memimpin NU. “Pengurus PBNU harus selalu mendengarkan Rais Aam,” ujarnya.

Sementara itu dalam pertemuan ini turut hadir sejumlah kiai muda atau gus, di antaranya Muhammad Abdurrahman Al Kautsar (Ploso), Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Fahim Rouyani (Ploso), Atho’illah Sholahuddin Anwar (Lirboyo), Fahrurozi (Malang), dan Abdussalam Shohib (Jombang).

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *