Sofyan Djalil Ungkap DKI Jakarta Salah Satu Daerah Paling Rumit Masalah Pertanahannya

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/Kepala BPN) yang juga Ketua Dewan Penasihat Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PP IPHI). Sofyan Djalil mengatakan, Provinsi DKI Jakarta menjadi salah satu daerah yang memiliki masalah pertanahan paling rumit.

“Provinsi DKI Jakarta merupakan salah satu daerah yang paling rumit masalah pertanahannya,” kata dia dalam keterangannya, dikutip Kamis (16/12/2021).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tak hanya terkait mafia tanah, namun banyak tanah di DKI Jakarta yang sudah menjadi aset instansi atau lembaga negara.

“Bukan hanya terkait dengan mafia tanah yang tengah marak terjadi. Contoh kasus di DKI Jakarta lainnya, ada masyarakat yang ingin tanahnya disertifikatkan, tetapi setelah diperiksa ternyata merupakan aset dari Kementerian PUPR. Maka ini merupakan salah satu masalah yang dihadapi di DKI Jakarta,” ujar dia.

Dia menuturkan, dalam menyikapi permasalahan tersebut, diperlukan adanya diskusi lebih lanjut bersama dengan berbagai Kementerian/Lembaga terkait serta pemangku kepentingan lainnya agar permasalahan tumpang tindih ini dapat terselesaikan.

“Jika permasalahan ini terselesaikan, akan banyak sekali manfaat yang didapatkan,” ucapnya.

Untuk itu, Sofyan berharap ke depannya, kerja sama erat seluruh pemangku kepentingan sehingga seluruh tanah di Indonesia dapat terdaftarkan sesuai target pada 2025 mendatang.

“Saya sangat mengapresiasi dengan apa yang telah dicapai hingga saat ini. Semoga yang kita lakukan bukan hanya sekadar tugas kepada negara, tetapi juga amal baik kita dalam membantu masyarakat Indonesia yang memerlukan sertipikat dan dalam memperbaiki status ekonomi masyarakat,” ujar Sofyan.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terus mendukung terkait dengan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Kami dari pemerintah daerah mendukung untuk menyukseskan program PTSL. Permasalahan di DKI Jakarta ini memang sangat rumit dan jika ini terselesaikan, saya rasa seluruh persoalan di wilayah Indonesia lainnya juga bisa terselesaikan dengan lebih baik karena bisa dijadikan contoh penyelesaian masalah,” tutur Anies.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *