dr. Ema: Ini 6 Kebiasaan yang Tidak Disadari Dapat Merusak Ginjal, Salah Satunya Minum Minuman Berenergi

Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal
Kebiasaan yang Dapat Merusak Ginjal
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Penyakit ginjal dapat terjadi karena akibat adanya gangguan pada fungsi organ tersebut.

Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dari zat-zat kimia ataupun limbah beracun yang beredar pada darah. Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan maupun elektrolit pada tubuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ketika ginjal mengalami kerusakan, maka akan menjadi masalah kesehatan serius pada tubuh, seperti pembengkakan, susah bernafas, muntah, susah tidur, hingga tubuh terasa lemas.

Komplikasi yang sering terjadi apabila penyakit ginjal tidak segera ditangani yakni infeksi ginjal, gagal ginjal, batu ginjal, kanker ginjal, dan kista ginjal.

Dilansir video yang diunggah kanal Youtube Emasuperr pada 21 November 2021, ada beberapa kebiasaan yang tidak disadari dan dapat merusak ginjal, diantaranya seperti:

1. Minum minuman berenergi

Minuman ini kaya sekali akan zat-zat kimia seperti kafein, tourin, soda, bahkan kadar gula yang cukup tinggi. Dimana ketika masuk ke dalam saluran cerna dan aliran darah, akan memberatkan kerja ginjal.

2. Makanan dan minuman tinggi gula

Kadar gula yang tinggi pada darah, akan membuat kerja ginjal menjadi lebih ekstra untuk mengeluarkan gula tersebut dalam urin. Kelebihan gula yang terus menerus dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

3. Makanan tinggi natrium (garam)

Kadar natrium yang terlalu tinggi bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit pada tubuh, sehingga memberatkan kinerja ginjal. Sehingga disarankan untuk mengkonsumsi garam maksimal per harinya hanya 2-2,3 gram.

4. Kebiasaan duduk terlalu lama

Kebiasaan duduk sekitar 7-10 jam setiap hari akan menurunkan metabolisme dan memberikan tekanan pada ginjal, sehingga disarankan untuk meningkatkan olahraga 2-3 kali dalam seminggu selama 30 menit untuk memperbaiki metabolisme tubuh dan meningkatkan fungsi ginjal agar sehat.

5. Penggunaan obat-obatan penghilang nyeri

Efek kimia dari obat tersebut dapat menyebabkan retensi cairan, tekanan darah, dan memberatkan kerja ginjal untuk menyaring zat-zat tersebut.

“Sehingga jika terlalu sering minum obat nyeri atau jamu penghilang nyeri dalam jangka panjang akan beresiko terjadi rusaknya ginjal”, terang dr. Ema.

6. Kurang minum

Asupan air yang rendah juga menjadi alasan utama penurunan fungsi ginjal, karena fungsi ginjal untuk menjaga keseimbangan cairan pada tubuh. Ketika seseorang kekurangan minum akan mengakibatkan dehidrasi, itulah yang menyebabkan kerja ginjal menjadi berat.***

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *