Inilah 6 Keutamaan Ibadah Zakat yang Jarang Diketahui Banyak Orang

6 Keutamaan Ibadah Zakat
6 Keutamaan Ibadah Zakat
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – KALI ini kita akan membahas tentang ‘apa saja keutamaan ibadah zakat?’. Namun sebelumnya kita harus mengetahui apa itu zakat, ibadah zakat adalah suatu kewajiban bagi umat Muslim. Zakat adalah sejumlah harta yang dikeluarkan oleh umat Muslim untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerima, seperti fakir miskin dan semacamnya, sesuai dengan yang ditetapkan oleh syariah. Zakat termasuk rukun Islam ke-4 dan menjadi salah satu unsur paling penting dalam menegakkan syariat Islam.

Oleh karena itu, hukum zakat adalah wajib bagi setiap Muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat juga merupakan bentuk ibadah seperti salat, puasa, dan lainnya dan telah diatur dengan rinci berdasarkan Al-Quran dan Sunnah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam segi istilah adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya (fakir miskin dan sebagainya). Zakat dari segi bahasa berarti ‘bersih’, ‘suci’, ‘subur’, ‘berkat’ dan ‘berkembang’. Menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat Islam.

Arti zakat menurut bahasa sesuai pandangan empat mahdzab. Mazhab Malikiyah berpendapat bahwa zakat adalah mengeluarkan sebagian tertentu dari harta tertentu yang telah sampai hisab kepada orang yang berhak menerima.

Berikut adalah keutamaan ibadah zakat:

  1. Keutamaan ibadah zakat: Dapat menghapus segala dosa

Sebagai manusia, tentu kita tidak akan bisa luput dari dosa. Baik secara sadar maupun tidak, kita pasti pernah berbuat kesalahan. Namun, hal tersebut bisa dihapuskan melalui zakat atau sedekah sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Tirmidzi berikut,

“Sedekah/zakat itu dapat menghapus kesalahan sebagaimana air dapat meredam api.” (HR. Tirmidzi, hadis Hasan sahih)

  1. Keutamaan ibadah zakat: Membersihkan harta

Sudah jelas dikatakan bahwa zakat merupakan hal wajib yang bermanfaat untuk menyucikan atau membersihkan harga. Ini karena zakat tidak hanya memberikan manfaat bagi penerimanya, namun juga kepada pemberinya.

Seperti yang disampaikan dalam Quran Surat At-Taubah ayat 103, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka.” (At-Taubah: 103)

  1. Keutamaan ibadah zakat: Menjauhkan diri dari sikap tercela

Ibnu Hajar Al Asqolani berkata, “Menyegerakan kebaikan itu akan membebaskan dari tanggungan, menghilangkan kesulitan bagi orang yang membutuhkan, menjauhkan diri dari sikap tercela, dan menunda-nunda sesuatu yang sebenarnya dapat segera ditunaikan, lebih diridai oleh Allah dan akan menghapuskan dosa-dosa.” (Fathul Bari, 3/299).

Dari perkataan Ibnu Hajar Al Asqolani di atas, maka dapat disimpulkan bahwa menyegerakan kebaikan, yang dalam hal ini adalah zakat, dapat menghilangkan kesulitan serta menjauhkan diri dari sikap tercela.

  1. Keutamaan ibadah zakat: Dijauhkan dari bahaya

Menunaikan zakat ternyata juga memiliki keutamaan, yakni menjauhkan kita dari celaka. Ini karena zakat berarti memberi atau membagikan kebaikan untuk orang lain sehingga kebaikan tersebut jadi kebaikan bagi kita sendiri.

Keutamaan zakat ini pun dijelaskan dalam terjemahan dalil, “Celakalah orang-orang musyrik yang mereka itu tidak menunaikan zakat.” (Fush-shilat: 5-6)

  1. Keutamaan ibadah zakat: Sifat penghuni Surga

Mengeluarkan zakat merupakan salah satu sifat orang-orang yang berbakti dan penghuni surga, sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an, “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (jannah) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik.

Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah). Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian.” (QS. Adz-Dzariyat ayat 15-19).

  1. Keutamaan ibadah zakat: Naungan dari panasnya hari Kiamat

Allah akan menaungi orang yang mengeluarkan zakat dari panasnya hari kiamat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya pada hari yang tiada naungan kecuali naungan (dari)-Nya: …seseorang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dikeluarkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 660)

Itulah enam keutamaan ibadah zakat. Semoga dengan mengetahui keutamaannya, kita semakin enggan untuk meninggalkan kewajiban kita. []

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *