Pergerakan NU Kultural dan Capres 2024

NU Kultural dan Capres 2024NU Kultural dan Capres 2024
Marsekal Pertama TNI (Purn), Ir Muhammad Johansyah, M.Eng, MA, adalah pengamat politik hubungan internasional
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Marsekal Pertama TNI (Purn), Ir Muhammad Johansyah, M.Eng, MA, adalah pengamat politik hubungan internasional

Hajinews.idBeberapa saat setelah pergantian tahun 2021-2022, setelah perhelatan akbar Muktamar NU ke-34 di Bandar Lampung, setelah susunan pengurus PBNU diumumkan, muncul beberapa organisasi non struktural yang digagas dan beranggotakan para pegiat-aktivis NU kultural. Salah satunya adalah : “Pergerakan NU Kultural“.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mereka menggunakan atribut “NU” karena secara kultur mereka adalah NU dan ikut terlibat dan bertanggung jawab terhadap misi besar NU. Sebagaimana para aktivis lainnya menggunakan kata “Indonesia” sebagai ungkapan keterlibatan dalam melihat dan memaknai Indonesia dalam beragam persepsi.

“Pergerakan NU Kultural” adalah pergerakan kultural yang digagas oleh para aktivis NU kultural dengan beragam latar belakang aktivitas-maupun profesi. Mereka adalah para ulama, kiai kampung, politisi, anggota parlemen, militer, birokrat, dosen, pengusaha-pedagang kaki-lima dan para-aktivis gerakan mahasiswa. Antara lain: IKA PMII, FK_GMNU dan santri perkotaan yang tersebar di Ibukota provinsi-kabupaten kota. Yang di seluruh urat nadi mereka terpompa darah NU mengalir dari ujung kaki-sampai ke ujung kepala.

Para aktivis dan pegiat “Pergerakan NU Kultural” mempunyai agenda besar untuk ikut mengadvokasi, bertanggung jawab, menjaga, merawat, melestarikan dan memajukan Republik Indonesia. Yang mereka ikut andil menjaga, melestarikan dan memperjuangkan-nya.

Anggota-aktivis pegiat “Pergerakan NU Kultural” adalah mereka yang tidak terlibat dalam ke-pengurusan (struktur) PBNU (Hasil Muktamar NU 34-2021) maupun kepengurusan NU Wilayah-Cabang. Mereka terpanggil untuk ikut bertanggung jawab menjadikan Indonesia semakin demokratis, imparsial, plural, adil-makmur dan sejahtera.

Salah satu agenda penting Pergerakan NU Kultural adalah perluasan dari “Konvensi Capres aktivis NU” 2021.

Konvensi “Capres Aktivis NU 2021″ adalah sebuah ikhtiar untuk mencari kandidat Capres dari kalangan aktivis NU kultural untuk bisa bersaing dan berlaga pada Pilpres 2024. Hasil Konvensi Capres NU 2024 memunculkan beberapa nama diantaranya: DR Andi Jamaro Dulung (AJD), dan DR Ali Masykur Musa (AMM).

Mereka adalah politisi, tokoh-tokoh NU Kultural yang sejak muda berkarir-beraktivitas di lingkungan NU dan PMII.

Ketua “Tim 9 Konvensi Capres NU Kultural”, KH Muchlas Syarkun, menegaskan bahwa AJD dan AMM layak dipromosikan sebagai Capres 2024 dengan latar belakang NU kultural. Memang muncul cibiran dari berbagai pihak terhadap munculnya Capres NU Kultural. Menurut mereka, Capres NU Kultural tidak memungkinkan untuk mendapat dukungan dari partai politik, apalagi bisa bersaing dan menang.

Tapi para aktivis Pergerakan NU Kultual optimistis. Sebagai ilustrasi, kita bisa belajar dari tokoh politik yang banyak disebut kehadirannya bisa memicu perang antara Soviet dan Ukraina, bahkan Perang Dunia ke-3. Dia adalah presiden terpilih Ukraina (2019) Volodymyr Zelensky.

Semula Zelensky jauh dari persepsi kita semua. Zelensky bukan politisi, juga bukan tokoh militer. Presiden terpilih Ukraina justru mantan komedian (pelawak). Dia politisi pemula, bahkan dia mengumumkan masuk dunia politik beberapa bulan sebelum pemilihan umum.

Namun ia berhasil mengalahkan presiden petahana dengan dukungan suara 73%.

Ada dua program menarik yang dijanjikan Volodymyr Zelensky pada saat kampanye. Pertama, Pemberantasan korupsi.

Kedua, membuat warga Ukraina bahagia. Janji yang kedua sangat mudah dilaksanakan oleh Volodymyr Zelensky. Yaitu membahagiakan rakyat Ukriaina karena memang dia seorang komedian. Dan semuanya berhasil. Ia menang dan terpilih.

Dalam politik semua serba mungkin, selama strategi (means, ways, end) terukur dan dapat dilaksanakan dengan baik.

Salam Pergerakan!

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *