Hendi Borong Produk UMKM NU

Produk UMKM NU
SM/Agus Fathuddin MENINJAU BAZAR NU: Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, didampingi Ketua Panitia Pameran dan Bazar Moh Mahsun dan Wakil Rais Syuriyah PWNU Jateng KH Sholahuddin Masruri saat meninjau stand pameran dan bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) NU se-Jateng di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Jalan Gajahraya Semarang, Jumat (11/2).
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Sarankan Pemasaran Berbasis Digital

SEMARANG, Hajinews.id – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi kemarin memborong barang-barang produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) NU se-Jateng dalam pameran dan bazar di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Jalan Gajahraya Semarang.

Barang-barang yang dibeli Mas Hendi antara lain Kopi ‘’Ben Ngopi’’ produk Pondok Pesantren Al-Hikmah 2, Benda, Sirampog Kabupaten Brebes, jamu kunir asem, jasket seragam NU, kopiah, souvenir dan lain-lain.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ketua Panitia Pameran dan Bazar UMKM NU Se-Jateng Moh Mahsun menjelaskan, kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) NU di Convention Hall MAJT selama dua hari Kamis dan Jumat (10-11/2). ‘’Alhamdulillah ekonomi warga NU sudah bangkit, buktinya pameran dan bazar diikuti 41 stand berbagai produk UMKM se-Jateng. Ada produk makanan dan minuman, jamu dan obat-obatan, pakaian, souvenir, kerajinan dan lain-lain. Mudah-mudahan pandemic Covid-19 segera berlalu sehingga para pengusaha UMKM NU se-Jateng bisa bergerak cepat mengembangkan usahanya,’’ kata Mahsun yang juga Ketua DPC PKB Kota Semarang itu.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi ketika membuka pameran dan bazar tersebut menyambut gembira kegiatan pameran se-Jateng digelar di Kota Semarang. Menurut Hendi, potensi UMKM warga Nahdliyyin luar biasa, dengan jaringan luas dan pasar yang jelas produk apapun akan diterima pasar. Dia menyarankan agar ke depan pemasaran UMKM NU disinergikan dengan teknologi kekinian berbasis digital marketing. ‘’Apabila pemasaran UMKM NU disinergikan dengan teknologi kekinian berbasis digital marketing akan menjadi penggerak ekonomi bangsa yang luar biasa,’’ kata Hendi.

Produk Unggulan

Ketua PWNU Jateng Drs KH Muzamil menjelaskan, pameran dan bazar diselenggarakan dalam rangka memperlihatkan kepada publik produk-produk unggulan dari UMKM Nahdlatul Ulama. ‘’Alhamdulillah meskipun ditengah-tengah pandemic Covid-19 warga NU tetap bersemangat mengembangkan unit usahanya untuk menopang kehidupan ekonomi mereka,’’ kata Kiai Muzamil.

Pembukaan pameran dan bazar ditandai pengguntingan pita oleh Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sekaligus Sekjen Kementerian Agama RI H Nizar Ali. Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen dan Kepala Kanwil Kementerian Agama Musta’in Ahmad juga meninjau pameran dan bazar tersebut.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikmah2, Benda, Sirampog, Kabupaten Brebes KH Sholahuddin Masruri merasa gembira karena kopi produk santri dan petani ‘’Ben Ngopi’’ diserap pasar dengan baik. ‘’Bahkan kami mulai kewalahan melayani permintaan pasar,’’ kata Gus Sholah yang juga Wakil Rais Syuriyah PWNU Jateng.

Melalui pameran dan bazar seperti itu dia bersyukur karena produk UMKM santri bisa dikenal masyarakat luas. Selain memproduksi kopi, pihaknya juga memproduksi air mineral dalam kemasan. Menurutnya kopi yang laku di pasaran jenis Arabica dimix dengan Robusta.

‘’Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 bekerja sama dengan petani kopi Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan berupa cery atau kopi matang untuk diolah atau diproses menjadi Wine, Natural,  Hani kemudian proses roasting atau penggorengan. Pengadaan peralatan mendapat bantuan CSR dari Bank Indonesia (BI). Sedang tenaga ahlinya atau barista mendapat bantuan pelatihan dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker),’’ katanya. (agus)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *