Sepuh NU Tak Setuju Sebutan Kafir Diganti Non Muslim: Kafir Tidak Akan Hilang dari Indonesia Sampai Kiamat

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Jakarta, Hajinews.id — Ide mengganti istilah atau sebutan ‘kafir’ menjadi ‘non muslim‘ kini menjadi perbincangan hangat kembali. Pasalnya, ide yang dikeluarkan oleh NU itu justru kini ditentang oleh salah satu tokoh sepuh NU juga.

Seorang ulama yang dikenal sebagai tokoh Nahdlatul Ulama, KH. Syukron Makmun, menyatakan bahwa dirinya tidak setuju sebutan ‘kafir’ diganti dengan ‘non muslim‘. Padahal, ide mengganti sebutan ‘kafir’ dengan ‘non muslim’ itu datang dari NU itu sendiri.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

KH. Syukron Makmun merupakan tokoh NU yang dikenal sebagai sepuh NU, dirinya pernah menjabat sebagai ketua cabang IPNU dan ketua umum Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU).

Menariknya, dirinya sebagai tokoh NU justru menentang ide perubahan istilah atau sebutan ‘kafir’ menjadi ‘non muslim’.

Ide mengganti istilah ‘kafir’ jadi ‘non muslim’ tersebut datang dari tokoh NU lainnya, yaitu Said Aqil Siradj selaku mantan ketua dewan eksekutif Nahdlatul Ulama (NU).

Menurut Syukron Makmun, upaya mengganti istilah ‘kafir’ dengan ‘non muslim’ adalah upaya yang sia-sia, karena istilah kafir akan selalu ada di Indonesia sampai hari kiamat.

“Kumpulkan 100 ribu profesor, doktor, untuk menghilangkan kata-kata ‘kafir’ di Indonesia!,” ujar Syukron Makmun dalam video yang diunggah oleh channel youtube media.net, pada Minggu, 13 Februari 2022.

“Selama Qur’an masih ada di depan umat islam, (kata) kafir tidak bakalan hilang dari Indonesia sampai kiamat!,” ujar Syukron Makmun menegaskan.

Kemudian, Syukron menjelaskan arti kata ‘kafir’, serta menyatakan bahwa sebutan tersebut bukan sebuah penghinaan.

“Itu bukan penghinaan, sebutan, maka kalo didefinisikan panjang, siapakah orang kafir itu? orang kafir itu ialah orang-orang yang menutup hatinya, sehingga cahaya islam, iman tidak tembus ke dadanya, karena dia tutup,” ujar Syukron melanjutkan.(dbs)

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *