Waspada! 5 Tanda-Tanda Kompor Gas akan Meledak yang Mudah Dikenali

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



 

 

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jakarta, Hajinews.id – Tanda-tanda kompor gas akan meledak rupanya bisa diketahui dengan mudah sehingga anda bisa mencegah hal-hal yang membahayakan terjadi di rumah.

Apakah anda percaya kalau kompor gas ternyata bisa meledak?

Rupanya, belum banyak yang tahu kalau kompor gas juga bisa meledak. Secara umum, kompor gas memang cukup aman digunakan untuk memasak.Namun, tak jarang terjadi kompor gas meledak karena beberapa sebab.

Lantas, apa penyebab kompor gas meledak?

Melansir perfectforhome.com, penyebab kompor gas meledak adalah tidak dirawat dengan baik. Kompor gas yang dirawat dengan benar akan berfungsi dengan baik dan aman saat digunakan. Penyebab kompor gas meledak adalah akumulasi gas di udara saat terjadi kebocoran gas di suatu tempat atau jika kompor tidak menyala dengan benar.Jika kompor tidak menyala dalam waktu yang lama, ada kemungkinan ruangan terisi gas sehingga jika dibiarkan berpotensi menyebabkan ledakan. Jadi, jangan anggap sepele kompor gas yang terasa aneh karena berisiko meledak.

Tanda-tanda Kompor Gas akan Meledak

1. Tercium Bau Gas
Masih melansir perfecthome.com, hati-hati saat anda mencium gas di rumah. Tanda-tanda kompor gas akan meledak adalah tercium bau gas yang menyengat dari daerah kompor. Hal ini bisa terjadi karena kebocoran gas.

Mencium gas di seluruh rumah sangat berbahaya karena jika gas dibiarkan menumpuk di udara dan kemudian terjadi sesuatu yang menimbulkan percikan api, hal itu dapat menyebabkan ledakan yang cukup besar.

Jadi, tekankan baik-baik, jika bau gas itu tak kunjung hilang jangan sekali-kali menyalakan kompor. Namun, jika anda mencium bau gas di atas kompor saat sedang digunakan adalah hal yang normal.

2. Suara Mendesis di Daerah Kompor

Tanda-tanda kompor gas akan meledak adalah terdengarnya suara mendesis di kompor. Jika anda mencium bau kebocoran gas atau mendengar suara mendesis dari kompor, pastikan kompor sudah dimatikan. Cabut regulator gas, buka semua jendela, dan jangan ragu untuk menjauh dari lokasi.

3. Gas Lebih Cepat Habis
Jangan anggap sepele jika gas di rumah cepat habis padahal baru saja diganti. Hal tersebut bisa terjadi karena kebocoran pada selang, regulator, atau bagian lain di sekitar kompor. Jadi, saat kompor gas tersebut akan dinyalakan maka berisiko meledak.

4. Penyala yang Rusak
Ada banyak faktor penyebab terjadinya kompor gas meledak. Dari penyebabnya, kamu bisa mengetahui tanda-tanda kompor gas akan meledak. Salah satunya adalah penyala yang rusak sehingga tidak mengeluarkan api kompor. Melansir temperaturemaster.com, penyala yang rusak biasanya dapat dikenali melalui suara yang berasal dari kompor.Penyala rusak biasanya karena kotor atau kesalahan produksi.

5. Nyala Api Tidak Biru
Tanda-tanda kompor gas akan meledak adalah nyala api kompor tidak berwarna biru. Hal ini bisa terjadi kompor gas tidak berfungsi dengan baik. Jadi, ketika nyala api kompor berwarna merah atau oranye maka patut waspada. Hanya saja, jangan terlalu khawatir karena bisa saja hal tersebut disebabkan tanda gas akan habis.

Cara Mencegah Kompor Gas Meledak
Kompor gas yang berisiko meledak sebetulnya bisa anda cegah sejak dini.Jadi, jangan anggap sepele hal tersebut karena bisa menyebabkan kebakaran.Jika anda mempunyai kompor gas yang berusia lama, lakukan perawatan secara rutin.

Cara mencegah kompor gas meledak:

  1. Jaga kompor gas tetap bersih termasuk pada bagian dalam kompor, jangan sampai kotoran menumpuk
  2. Cek regulator dan selang gas elpiji untuk mengantisipasi kebocoran sehingga memancing ledakan kompor
  3. Gunakan kompor secara hati-hati saat memasak agar terhindar dari kecelakaan yang mungkin terjadi
  4. Jauhkan benda yang mudah terbakar
  5. Menggunakan pengatur waktu saat memasak

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *