Ini Cara Mengamalkan Doa Nabi Sulaiman untuk Kekayaan Melimpah Ruah dan Perintah Bersyukur setelah Mendapat Rezeki

Cara Mengamalkan Doa Nabi Sulaiman
Cara Mengamalkan Doa Nabi Sulaiman
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Setiap Nabi memiliki mukjizatnya masing-masing yang telah diberikan Allah SWT. Salah satunya adalah Nabi Sulaiman yang memiliki beberapa mukjizat, sebagaimana dikisahkan dalam Al-Quran maupun hadis. Mukjizat yang dimiliki Nabi Sulaiman misalnya saja bisa berbicara dengan hewan, memiliki bala tentara dari golongan jin, dan Nabi Sulaiman dikenal sebagai Nabi yang kaya-raya

Dikisahkan bahwa Nabi Sulaiman mempunyai kerajaan yang sangat megah. Di dalamnya terdapat berbagai benda dengan nilai seni yang cukup tinggi. Bahkan Nabi Sulaiman dinobatkan sebagai raja paling kaya di muka bumi ini. Pastinya bisa dibayangkan seberapa kayanya seorang Nabi Sulaiman saat itu.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Namun, kekayaan yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman tidak membuatnya terlena. Ia justru adalah Nabi yang taat dan patuh akan perintah Allah SWT. Setiap memohon segala sesuatu, Nabi Sulaiman selalu berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT. Bahkan cara mengamalkan doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan melimpah ruah pun bisa juga dicontoh.

Nah, berikut adalah cara mengamalkan doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan melimpah ruah sebagaimana dirangkum oleh melalui berbagai sumber.

Doa untuk Kekayaan yang Melimpah Ruah

Doa Mohon Kelancaran Rezeki

Dalam mencari rezeki setiap harinya, setiap orang tentu berharap agar selalu diberikan kelancaran. Selain berusaha, tentunya harus diiringi dengan berdoa kepada Allah SWT. Di dalam Al-Quran dijelaskan bahwa Nabi Sulaiman memohon tiga hal kepada Allah SWT. Salah satunya adalah agar tidak ada orang yang memiliki kerajaan sepertinya sesudah Nabi Sulaiman.

Hingga akhirnya doa ini pun kerap dibaca untuk dijadikan sebagai doa memohon kelancaran rezeki. Doa tersebut ada dalam firman Allah SWT surat Shaad ayat 35 berikut ini:

قَالَرَبِّاغْفِرْلِيْوَهَبْلِيْمُلْكًالَّايَنْۢبَغِيْلِاَحَدٍمِّنْۢبَعْدِيْۚاِنَّكَاَنْتَالْوَهَّابُ

Artinya:Dia berkata, “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS. Shaad: 35).

Kemudian ada juga doa wirid serta doa Nabi Sulaiman untuk memohon kekayaan dan kecukupan. Cara mengamalkan doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan melimpah ruah ini dibaca sebanyak 313 kali. Berikut adalah bacaannya:

Wa annahu huwa aghnaa wa aqnaa.

Artinya: “Dan sesungguhnya Dia yang memberikan kekayaan dan kecukupan.”

Doa Bersyukur atas Nikmat Allah SWT

Setelah melakukan cara mengamalkan doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan melimpah ruah dan memperoleh nikmat dari Allah SWT, maka jangan lupa untuk bersyukur. Karena bersyukur sendiri adalah hal yang juga diperintahkan dalam agama Islam. Dengan bersyukur, maka diri ini akan merasa cukup dengan yang sudah dimiliki, sehingga tidak menimbulkan sifat yang sombong serta serakah.

Doa bersyukur atas nikmat Allah SWT ini adalah dalam surat An-Naml ayat 15 berikut ini:

وَلَقَدْاٰتَيْنَادَاوٗدَوَسُلَيْمٰنَعِلْمًاۗوَقَالَاالْحَمْدُلِلّٰهِالَّذِيْفَضَّلَنَاعَلٰىكَثِيْرٍمِّنْعِبَادِهِالْمُؤْمِنِيْنَ

Artinya:Dan sungguh, Kami telah memberikan ilmu kepada Dawud dan Sulaiman; dan keduanya berkata, “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari banyak hamba-hamba-Nya yang beriman.” (QS. An-Naml: 15).

Kemudian doa selanjutnya juga terdapat dalam firman Allah SWT surat An-Naml ayat 19 berikut ini:

رَبِّاَوْزِعْنِيْٓاَنْاَشْكُرَنِعْمَتَكَالَّتِيْٓاَنْعَمْتَعَلَيَّوَعَلٰىوَالِدَيَّوَاَنْاَعْمَلَصَالِحًاتَرْضٰىهُوَاَدْخِلْنِيْبِرَحْمَتِكَفِيْعِبَادِكَالصّٰلِحِيْنَ

Artinya:Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (QS. An-Naml: 19).

Pentingnya Bersyukur atas Rezeki yang Diberikan Allah SWT

Setiap rezeki yang kita dapatkan, semuanya adalah berasal dari Allah SWT. Dengan bersyukur, maka hal ini menjadi bentuk rasa terima kasih kita kepada Allah SWT. Bahkan perintah untuk bersyukur ini sudah dijelaskan dalam firman Allah SWT melalui surat Luqman ayat 12 berikut ini:

وَلَقَدْاٰتَيْنَالُقْمٰنَالْحِكْمَةَاَنِاشْكُرْلِلّٰهِۗوَمَنْيَّشْكُرْفَاِنَّمَايَشْكُرُلِنَفْسِهٖۚوَمَنْكَفَرَفَاِنَّاللّٰهَغَنِيٌّحَمِيْدٌ

Artinya:Dan sungguh, telah Kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu, ”Bersyukurlah kepada Allah! Dan barangsiapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa tidak bersyukur (kufur), maka sesungguhnya Allah Mahakaya, Maha Terpuji.” (QS. Luqman: 12).

Dari ayat tersebut selain memerintahkan umat Islam untuk bersyukur, juga bisa mendatangkan berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh diri setiap orang yang bersyukur.

Seperti dikutip dari m.oase, dengan bersyukur, maka hidup akan dipenuhi dengan keberkahan, bisa dihindarkan dari penyakit, bisa meningkatkan keimanan seseorang, ditambahkan kenikmatannya oleh Allah SWT, dan tentunya Allah SWT sudah menjanjikan surga bagi orang-orang yang selalu bersyukur.

Itulah cara mengamalkan doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan melimpah ruah serta pentingnya bersyukur pada Allah SWT atas segala rezeki yang sudah didapatkan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *