Inilah 7 Kebiasaan Bill Gates, Simpel Tapi Penuh Makna

Kebiasaan Bill Gates
Kebiasaan Bill Gates
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Bicara soal orang kaya di dunia, nama Bill Gates tentunya masuk dalam daftar ya. Bagaimana tidak, ia berhasil mendirikan perusahaan raksasa Microsoft hingga menjalankan yayasan yang dibangun bersama mantan istri, yakni Yayasan Bill & Melinda Gates.

Walau terkesan memiliki kesibukan yang padat, Bill Gates memiliki kebiasaan-kebiasaan yang menarik untuk disimak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Di dalam jadwal hariannya ada beberapa kebiasaan yang bisa menginspirasi. Apa saja kebiasaan yang dijalaninya? Simak beberapa yang sudah dirangkum dari berbagai sumber berikut, ya:

1. Baca berita pagi

Mengutip dari Medium, setiap hari Bill Gates akan memulai paginya dengan membaca berita. Menurut Business Insider, Bill Gates bisa memperoleh berita-berita tersebut dari media berbeda.

“Gates memeriksa berita utama setiap pagi. Dia biasanya membaca The New York Times, The Wall Street Journal, dan The Economist,” tuturnya.

Enggak hanya soal bisnis, Bill Gates juga membaca topik lainnya. Jika berkesempatan, ia juga akan membagikan apa yang dibacanya pada pengikut di Twitter maupun blog pribadi. Bill Gates diketahui menghabiskan satu jam setiap pagi untuk berlari di treadmill sesaat setelah bangun tidur. Kebiasaan tersebut dia lakukan dengan alasan yang bagus, yakni membangun fokus.

2. Olahraga

Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan bahwa olahraga pagi meningkatkan kognisi dan fokus sepanjang hari. Selain itu, bangun pagi-pagi untuk berolahraga juga meningkatkan disiplin pribadi, yang kemungkinan meluas ke bidang kehidupan lainnya, sehingga membuat diri menjadi lebih produktif dan efisien

3. Metode jadwal lima menit

Business Insider menyatakan bahwa Bill Gates turut membuat jadwal dengan interval 5 menit. Jadwalnya dipecah menjadi interval lima menit. Elon Musk pendiri Tesla dan SpaceX juga diketahui melakukan hal yang sama. Setiap momen direncanakan dengan hati-hati.

Dengan metode ini, kegiatan dan pekerjaan harian bisa terlihat lebih teratur, rapi, dan sesuai dengan target. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

4. Lakukan pekerjaan rumah tangga

Tak hanya sibuk dengan bisnis yang berjalan, Bill Gates juga memiliki pekerjaan rumah yang rutin dilakukan. Pekerjaan tersebut yakni mencuci piring.

“Mencuci piring setiap malam, orang lain menjadi sukarelawan tetapi saya suka cara saya melakukannya. Jangan khawatir, saya tidak akan memberitahu bahwa Anda harus mulai mencuci piring semua orang setiap malam. Saya pikir pesan yang lebih dalam di sini adalah tidak peduli seberapa sukses, Anda tidak boleh membiarkan orang lain melakukan semua hal kecil, bahkan jika mereka bersedia,” katanya.

“Saya pikir melakukan tugas-tugas sederhana seperti membuang sampah, mencuci piring, dan menggosok meja dapur membuat Anda tetap rendah hati dan membumi. Ini juga memberi Anda rasa pencapaian, dan itu membuat orang lain merasa dihargai.”

“Aku tinggal bersama adik perempuan. Meskipun kami mungkin tidak cukup sering berbicara satu sama lain, aku tahu dia menghargai ketika aku mencuci semua piring sama seperti aku berterima kasih ketika dia mengambil surat kami atau mencuci semua hasil bumi ketika kami kembali dari toko kelontong,” sambungnya.

5. Main dengan anak

Selanjutnya, Bill Gates juga suka dan rutin menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan anaknya. Cara yang ia lalukan beragam, namun paling sering mengunjungi lokasi yang tidak biasa.

Di akhir pekan, salah satu hiburan favoritnya adalah memainkan permainan kartu Bridge. Dan dalam sebuah wawancara dengan The Cut, Melinda mengungkapkan rutinitas malam khas yang mereka lakukan setelah hari kerja.

“Bill, putri kami Phoebe, dan saya mencoba makan malam sesering mungkin bersama. Biasanya sekitar jam 6, terkadang sampai jam 7 malam. Makan malam biasanya campuran apa pun yang saya dan Phoebe dan Bill suka, mulai dari makanan Meksiko hingga Asia, makan malam steak atau ikan.”

“Saya mencoba untuk tidak bekerja setelah makan malam, itu adalah semacam mantra yang saya buat untuk diri saya sendiri sekitar empat tahun lalu. Saya akan sering membaca, berbicara dengan Bill, dan kemudian. Secara umum, saya akan menonton sesuatu yang menenangkan sebelum tidur bersama Bill atau Phoebe,” sambungnya.

6. Cukup tidur

Ketika tiba waktunya untuk tidur, Bill Gates memastikan bahwa harus tidur lebih awal demi memenuhi kebutuhan tidur selama tujuh jam. Seperti yang diketahui, kurang tidur memang tidak hanya mengganggu proses kognitif seperti perhatian, kewaspadaan, dan pemecahan masalah, namun ini juga membuat seseorang sulit untuk belajar secara efisien hingga menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Untuk menghindari hal tersebut, Bill Gates memanifetasikan kesehatan yang mahal dengan setidaknya selama 7 jam setiap malam.

7. Alokasikan satu jam belajar

Terlepas dari jadwalnya yang sibuk, Bill Gates juga mengalokasikan satu jam setiap hari untuk belajar. Dia dikenal membaca sekitar 50 buku setahun.

Sebuah buku juga dapat membantunya melihat sesuatu yang familiar dari sudut yang berbeda, sehingga memperluas pandangan dunianya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *